Kompas.com - 01/06/2017, 20:44 WIB
Gelandang Slowakia, Marek Hamsik, melakukan selebrasi usai membobol gawang Rusia, dalam laga fase grup Piala Eropa 2016, di Lille, 15 Juni 2016. PHILIPPE HUGUEN/AFP Gelandang Slowakia, Marek Hamsik, melakukan selebrasi usai membobol gawang Rusia, dalam laga fase grup Piala Eropa 2016, di Lille, 15 Juni 2016.
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Serie A 2016-2017 sudah kelar. Juventus keluar sebagai juara dengan AS Roma dan Napoli berturut-turut berada di peringkat kedua dan ketiga.

Bagi kapten Napoli, Marek Hamsik, finis di peringkat ketiga bukan torehan buruk, meski bisa saja mendapatkan hasil yang lebih baik.

"Musim bagus yang bisa kami banggakan. Tim ini memainkan sepak bola indah, menciptakan banyak gol dan mematahkan sejumlah rekor," ujar Hamsik di situs pribadinya.

Napoli memang punya daya gedor mengerikan musim ini. Walau hanya finis di peringkat ketiga, mereka bisa membuat 94 gol alias yang terbanyak di antara 20 tim yang berkompetisi di Serie A musim ini. Tim terdekat adalah Roma dengan catatan 90 gol.

Total 94 gol itu nyatanya juga menjadi yang terbanyak yang bisa dibuat sebuah tim dalam semusim di Serie A sejak kompetisi berubah format menjadi 20 tim pada 2004-05.

Di sepanjang sejarah Serie A, hanya ada tiga kejadian di mana sebuah tim bisa membuat gol lebih banyak dari Napoli musim ini.

Pada 1958-1959, Fiorentina membuat 95 gol dan finis di peringkat dua. Ketika itu liga diikuti 18 tim.

Torino FC membuat 125 gol pada musim 1947-1948 dan menjadi juara di liga berisi 21 tim. Perbandingan terdekat dengan Roma barangkali adalah saat AC Milan bisa membuat 118 gol pada musim 1949-1950 yang diikuti 20 tim.

Modal ketajaman Napoli tersebut ingin terus dibawa ke musim depan. Hamsik berharap produktivitas tersebut bisa membantu tim menjuarai Serie A.

"Kami memiliki tim hebat yang bisa mencapai target lebih tinggi. Scudetto? Segalanya sangat mungkin. Menjadi juara Italia akan menghadirkan kenangan luar biasa bagi para fans fantastis kami," kata Hamsik.



Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X