Kompas.com - 29/05/2017, 10:45 WIB
Striker AS Roma, Edin Dzeko, menyundul bola dengan dibayang-bayangi pemain Atalanta saat kedua tim bertemu pada pertandingan Serie A di Stadion Olimpico, Sabtu (15/4/2017). AFP/FILIPPO MONTEFORTEStriker AS Roma, Edin Dzeko, menyundul bola dengan dibayang-bayangi pemain Atalanta saat kedua tim bertemu pada pertandingan Serie A di Stadion Olimpico, Sabtu (15/4/2017).
|
EditorEris Eka Jaya

ROMA, KOMPAS.com - Laga AS Roma saat menjamu Genoa, Minggu (28/5/2017), adalah tentang sang kapten, Francesco Totti (40).

Namun, Edin Dzeko juga menyita perhatian berkat torehan emas dalam sejarah klub beralias I Lupi (Serigala).

Stadion Olimpico menjadi saksi perpisahan Totti setelah mengabdi selama dua dekade lebih untuk AS Roma.

Dalam laga tersebut, Roma menang 3-2. Gol-gol I Lupi diciptakan oleh Dzeko (menit ke-10), Daniele De Rossi (74'), dan Diego Perotti (90').

Genoa membalas dua gol melalui aksi Pietro Pellegri (3') dan Darko Lazovic (79').

Selain melepas legenda terbesar klub, publik Roma juga menyambut sang raja gol anyar, Dzeko.

Penyerang asal Bosnia-Herzegovina berusia 31 tahun itu menjadi top scorer Serie A 2016-2017. Dzeko mencetak 29 gol sepanjang kompetisi musim ini.

Jumlah tersebut membuatnya memecahkan rekor klub yang bertahan selama 86 tahun!

Rekor yang dimaksud ialah sebagai pemain pertama Roma yang mengoleksi gol terbanyak dalam semusim kompetisi di Serie A.

Sosok terakhir yang menorehkan catatan serupa ialah almarhum Rodolfo Volk. Eks striker tajam legendaris itu juga membukukan 29 gol untuk I Lupi pada Serie A 1930-1931.

Benang merah menarik yang menghubungkan rekor Dzeko dengan Volk ialah situasi kompetisi.

Seperti halnya musim ini, liga ketika itu dikuasai Juventus, sedangkan Roma duduk sebagai runner-up pada klasemen akhir.

Dzeko sendiri menjadi raja gol pertama yang mewakili AS Roma sejak Totti dianugerahi Sepatu Emas pada 2006-2007 dengan 26 gol. (Beri Bagja)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.