Kompas.com - 28/05/2017, 06:59 WIB
Aksi Emilio Audero Mulyadi pada laga Juventus kontra Bologna di Stadion Renato dallAra, Sabtu (27/5/2017). Twitter @juventusfcAksi Emilio Audero Mulyadi pada laga Juventus kontra Bologna di Stadion Renato dallAra, Sabtu (27/5/2017).
EditorJalu Wisnu Wirajati

BOLOGNA, KOMPAS.com - Kiper Juventus kelahiran Mataram Nusa Tenggara Barat, Emilio Audero Mulyadi, bangga melakoni debut di Liga Italia pada pertandingan pekan ke-38 Serie A kontra Bologna, Sabtu (27/5/2017). 

Juventus menang 2-1 pada laga di Stadion Renato dall’Ara itu, Sabtu (27/5/2017). Sempat tertinggal oleh gol Saphir Taider (52’), pasukan Allegri berbalik unggul berkat tembakan Paulo Dybala (70’) dan Moise Kean (90’+4).  

Emil Audero, kelahiran Mataram pada 18 Januari 1997, tampil sejak menit pertama. Adapun kiper utama Juventus, Gianluigi Buffon, duduk di bangku cadangan. 

“Saya sangat senang dengan partai debut ini. Perasaannya sulit dilukiskan,” kata putra dari Edy Mulyadi dan Antonela Audero itu seperti dilansir dari situs resmi klub. 

“Saya tumbuh di klub ini. Sekarang merupakan tahun ke-9 saya di Juventus. Saya sudah memiliki kultur dan etos kerja klub ini,” tuturnya lagi. 

Baca juga: Juventus Daftarkan Kiper Keturunan Indonesia di Liga Champions

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laga kontra Bologna memang sudah tak lagi menentukan bagi Juventus yang sudah juara pekan lalu. Karena itulah, Emil Audero dimainkan pelatih Massimiliano Allegri dan mencadangkan Buffon. 

“Menggantikan Buffon, saya hanya mencoba untuk menunjukkan performa terbaik. Para pemain lain juga membuat kami tenang,” kata Emil Audero. 

Berdasar Transfermarkt, Emil bergabung dengan Akademi Juventus pada 2008, satu tahun setelah keluarganya pindah ke Italia. 

Bersama tim U-17 Juventus, dia sempat dinobatkan salah satu pemain bertalenta dan bermasa depan cerah Italia pada 2012. 

Meski berdarah Indonesia, Emil Audero lebih memilih negeri kelahiran sang ibu. Beberapa waktu lalu, PSSI memang sempat mencoba menaturalisasinya, tetapi Audero bergeming. 

Baca juga: Antara Indonesia dan Italia, Emilio Mulyadi Pilih Ikuti Jejak Buffon

Pada 2014, dia sudah mengungkapkan keinginan untuk memperkuat Italia, bukan timnas Indonesia.

"Saya hanya ingin memperkuat tim nasional Italia," kata Emil.

Keinginan Emil Audero membela timnas Italia juga mendapat dukungan dari Buffon. Bersama Gianluigi Donnarumma dan Mattia Perrin, Emil Audero dinilai sebagai masa depan Gli Azzurri - julukan timnas Italia. 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.