Kompas.com - 15/05/2017, 06:29 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

MADRID, KOMPAS.com - Pertandingan La Liga antara Real Madrid dan Sevilla di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (14/5/2017) atau Senin dini hari WIB, membuka mata publik soal pemahaman terkait aturan tendangan bebas.

Pertandingan tersebut dimenangi Real Madrid dengan skor 4-1. Empat gol El Real ditorehkan Nacho Fernadez (10'), Cristiano Ronaldo (23;, 78'), dan Toni Kroos. Adapun gol semata wayang Sevilla dikemas Stevan Jovetic pada menit ke-49.

Gol pertama Madrid yang diciptakan Nacho melalui tendangan bebas cepat sempat mendapatkan protes dari pemain Sevilla.

Awalnya, Marco Asensio dijatuhkan lawan di depan kotak penalti tim tamu. Wasit Alberto Undiano lalu memberi tendangan bebas kepada Real Madrid.

Setelah itu, Nacho beraksi seperti pencuri. Dia dengan cepat menempatkan bola dan menendang si kulit bulat ke pojok kanan bawah gawang Sevilla.

Kiper Sevilla, Sergio Rico, hanya terperangah melihat bola masuk ke gawangnya.

Setelah itu, ada protes dari para pemain Sevilla tetapi gol tersebut tetap disahkan Undiano.

Cara Nacho mengeksekusi tendangan bebas cepat atau yang disebut quick free kick tidak melanggar Laws of the Game. Bagaimanapun, tim dalam posisi menyerang berstatus diuntungkan ketika pelanggaran dilakukan.

Tendangan bebas membutuhkan peluit jika ada insiden yang membuat laga harus berhenti sejenak seperti pergantian pemain, wasit memberi kartu, penanganan cedera, dan wasit membutuhkan waktu untuk mengontrol pemain.

Si penendang juga boleh tidak melakukan tendangan bebas secara langsung setelah meminta wasit untuk mengatur pagar betis. Setelah berbicara dengan wasit, pemain diperbolehkan menendang bola seusai peluit ditiup wasit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.