Kompas.com - 14/05/2017, 04:10 WIB
Kapten AC Milan, Riccardo Montolivo, mencoba melindungi bola dari pemain Atalanta pada pertandingan Serie A di Stadion Atleti dAzzurri, Sabtu (13/5/2017). Twitter @acmilanKapten AC Milan, Riccardo Montolivo, mencoba melindungi bola dari pemain Atalanta pada pertandingan Serie A di Stadion Atleti dAzzurri, Sabtu (13/5/2017).
EditorJalu Wisnu Wirajati

BERGAMO, KOMPAS.com - AC Milan kembali bermain imbang dengan Atalanta. Setelah tertahan 0-0 di San Siro, AC Milan dan Atalanta berbagi angka 1-1 saat bermain di Stadion Azzurri d;Italia, Sabtu (13/5/2017) atau Minggu dini hari WIB.

Pada laga tersebut, AC Milan tertinggal terlebih dahulu lewat gol Andrea Conti (44'). AC Milan bisa mengamankan satu poin dari Bergamo berkat gol Gerard Deulofeu, dua menit menjelang laga berakhir.

Kans Atalanta lolos ke kompetisi antarklub Eropa untuk kali pertama dalam 26 tahun terakhir itu terbuka lebar setelah Conti membuka keran gol pada pengujung babak pertama.

Dia memanfaatkan bola liar hasil tembakan Leonardo Spinazzola yang ditepis Gianluigi Donnarumma.

Akan tetapi, AC Milan yang berharap tak kembali absen di kompetisi antarklub Eropa, pantang menyerah. Pada menit ke-88, kendati berbau offside, Deulofeu bisa mengubah skor menjadi 1-1 dan menjaga AC Milan tetap berada di posisi keenam dengan koleksi 60 poin.

Kendati seri, Atalanta sudah dipastikan melangkah ke Liga Europa musim depan karena tak mungkin terlempar dari enam besar. Dengan koleksi 66 poin dari 36 laga, pasukan Gian Piero Gasperini itu tak mungkin terkejar oleh Fiorentina (59 poin) atau Inter Milan.

Sejatinya, Serie A - kasta teratas Liga Italia - hanya menyetor wakil ke Liga Europa untuk posisi keempat dan kelima.

Namun, karena Juventus dan Lazio merupakan penghuni lima besar klasemen, otomatis peserta tambahan Liga Europa dari Italia diambil dari peringkat keenam Serie A.

Sementara itu, hasil seri tetap menjaga peluang AC Milan untuk lolos ke kompetisi antarklub Eropa. Kabar baik lain bagi pendukung I Rossoneri - julukan AC Milan - adalah kembalinya Riccardo Montolivo ke lapangan hijau setelah sempat absen lama karena cedera.

Baca juga: Hasil Liga Inggris, Arsenal Pangkas Selisih Poin dengan Liverpool

Pada pertandingan lain yang dilangsungkan Sabtu, Fiorentina menjaga asa untuk tampil di kompetisi antarklub Eropa musim depan setelah menang 3-2 atas Lazio di Stadion Artemio Franchi.

Sempat tertinggal terlebih dahulu oleh gol Balde Keita (55'), Atalanta bangkit dan menjauh berkat gol Khouma Babacar (67'), Nikola Kalinic (73'), dan bunuh diri Cristiano Lombardi (76').

Lazio sempat mencoba mengejar ketika Alessandro Murgia (81') memangkas selisih gol. Namun, skor 3-2 untuk keunggulan tuan rumah itu bertahan hingga akhir laga.

Fiorentina untuk sementara berada di posisi ketujuh dengan koleksi 59 poin dari 36 laga. Namun, posisi mereka masih bisa disalip andai Inter Milan menang atas Sassuolo pada Minggu (14/5/2017) sore WIB.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.