Prediksi Liga Champions: Juventus Vs Monaco, Pembuktian Kans 98 Persen

Kompas.com - 09/05/2017, 16:21 WIB
Kylian Mbappe (kiri) melakoni duel udara dengan Andrea Barzagli saat AS Monaco melawan Juventus pada partai pertama semifinal Liga Champions di Stade Louis II, Rabu (3/5/2017). FRANCK FIFE/AFPKylian Mbappe (kiri) melakoni duel udara dengan Andrea Barzagli saat AS Monaco melawan Juventus pada partai pertama semifinal Liga Champions di Stade Louis II, Rabu (3/5/2017).
EditorJalu Wisnu Wirajati

TURIN, KOMPAS.com - Juventus bermodal kemenangan 2-0 pada semifinal pertama Liga Champions di markas AS Monaco, pekan lalu. Berdasar data sejarah, 98 persen tim dengan moda kemenangan 2-0 di markas lawan lolos ke fase berikutnya.

Berdasar fakta sejarah, hanya ada satu tim yang bisa lolos ke partai puncak setelah kalah di kandang sendiri pada laga pertama. Hal itu dilakukan Ajax Amsterdam pada 1995-96 saat kalah 0-1 di kandang tetapi menang 3-0 di markas Panathinaikos.

Secara keseluruhan, dari 339 pertandingan fase gugur di kompetisi antarklub Eropa, tim yang bertindak sebagai tamu 97,3 persen lolos ke babak berikutnya. Atau cuma 9 tim pada pertemuan kedua bakal melaju.

Baca juga: Jejak Buffon di Liga Champions Identik dengan Piala Dunia 2006

Melihat fakta tersebut, adalah hal mahasulit bagi AS Monaco untuk membalikkan keadaan. Apalagi, mereka punya rekor buruk ketika bertandang ke Italia.

Berikut adalah fakta pertandingan antara Juventus dan AS Monaco di Juventus Stadium:

Jadwal siaran langsung: Rabu, 10 Mei 2017, SCTV, 01.45 WIB

Statistik jelang pertandingan

  • Dari 11 pertemuan atau 22 pertandingan pada fase gugur di kompetisi antraklub Eropa sebelumnya, Juventus selalu bisa menyisihkan klub asal Perancis.
  • AS Monaco tidak pernah sekali pun menang di Italia. Dari tujuh kali lawatan, mereka hanya bisa sekali imbang dan tujuh kali menderita kekalahan.
  • Hanya Inter Milan (2010-2011) dan Ajax Amsterdam yang bisa lolos setelah kalah pada laga pertama di kandang pada fase gugur Liga Champions. Namun, dua tim itu tidaklah kalah dengan selisih dua gol seperti AS Monaco.
  • Juventus tak terkalahkan di kandang sendiri dalam empat tahun terakhir di kompetisi antarklub Eropa. Mereka juga melakoni enam laga beruntun tak kemasukan di Liga Champions.

Baca juga: Pjanic Membuat Allegri Kesal

Prediksi susunan pemain

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Pjani?, Khedira; Dani Alves, Dybala, Mand┼żuki?; Higuaín.
Absen: Pjaca, Rugani

AS Monaco (4-4-2): Subaši?; Mendy, Jemerson, Glik, Sidibé; Bernardo Silva, Fabinho, Bakayoko, Lemar; Mbappé, Falcao.
Absen: Boschilia
Diragukan: Mendy, Carrillo, Touré

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber UEFA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X