Kompas.com - 04/05/2017, 07:01 WIB
Kylian Mbappe (kiri) melakoni duel udara dengan Andrea Barzagli saat AS Monaco melawan Juventus pada partai pertama semifinal Liga Champions di Stade Louis II, Rabu (3/5/2017). FRANCK FIFE/AFPKylian Mbappe (kiri) melakoni duel udara dengan Andrea Barzagli saat AS Monaco melawan Juventus pada partai pertama semifinal Liga Champions di Stade Louis II, Rabu (3/5/2017).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

MONAKO, KOMPAS.com - Pemain belakang Juventus, Andrea Barzagli, membeberkan sejumlah penyesuaian pola ketika timnya menang 2-0 atas AS Monaco di Stade Louis II, Rabu (3/5/2017). Hal itu bertujuan untuk meredam Kylian Mbappe.

Dari susunan iuntuk partai pertama semifinal Liga Champions itu, Juventus terlihat bermain dengan formasi 4-2-3-1 seperti biasanya. Kuartet lini pertahanan diisi oleh Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Alex Sandro.

Praktiknya, tim beralias I Bianconeri diklaim menerapkan tiga bek ketika bertahan. Barzagli berperan sebagai bek tengah kanan alih-alih bek sayap kanan.

"Kami sebenarnya tampil dengan tiga ketimbang empat pemain belakang. Ini menyoal taktik karena Mbappe lebih sering bermain di daerah operasi saya. Adapun fullback mereka tidak terlalu tampil menekan," tutur Barzagli.

Baca juga: Apa Saja Fakta Menarik dari Kemenangan Juventus atas Monaco?

Mbappe memang patut diwaspadai. Dia sudah menyumbangkan 24 gol pada berbagai ajang musim 2016-2017, lima di antaranya di Liga Champions.

Meskipun tidak mencetak gol dalam laga ini, pemain berusia 18 tahun itu tetap terlihat berbahaya. Dia melakukan empat kali dribble melewati lawan, setara dengan Paulo Dybala di Juventus.

Baca juga: AS Monaco Punya Remaja yang Lebih Tajam daripada Thierry Henry

"Saya bertemu sejumlah pemain hebat, tidak pernah melihat sosok seperti dia. Mbappe merupakan pembeda dengan teknik, kecepatan, kekuatan, dan pergerakannya," kata Barzagli.

"Pada masa mendatang, Mbappe akan berkembang menjadi pemain sangat hebat," ujar pemain belakang asal Italia itu.

Dengan kegagalan membobol gawang Juventus, rantai gol Mbappe pun terhenti. Sebelumnya, dia menggetarkan jala lawan dalam empat partai Liga Champions secara beruntun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.