Kompas.com - 04/05/2017, 02:01 WIB
|
EditorAnju Christian

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Ajax Amsterdam mengulang catatan emas ketika menang 4-1 atas Olympique Lyon pada partai pertama semifinal Liga Champions di Amsterdam Arena, Rabu (4/5/2017).

Untuk kali pertamanya dalam dua dekade, tim asal Belanda mampu mencetak empat gol pada partai semifinal atau final kompetisi antarklub Eropa.

Kali terakhir catatan serupa tercipta saat Ajax menang 5-2 atas Bayern Muenchen pada semifinal Liga Champions 1994-1995. Tim yang masih diperkuat Frank de Boer dan Ronald de Boer saat itu menutup turnamen dengan gelar juara.

Dalam pertandingan ini, Bertrand Traore menjadi bintang Ajax dengan sumbangan dwigol, sisanya berkat Kasper Dolberg dan Amin Younes. Lyon cuma membalas satu lesakan dari Mathieu Valbuena.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Ajax tampil sedikit di bawah tekanan tim tamu. De Godenzonen, julukan mereka,  hanya memiliki 48 persen penguasaan bola.

Namun, Ajax mampu tampil efektif. Jumlah penguasaan bola yang lebih kecil mampu dikonversi menjadi peluang lebih banyak daripada Lyon.

Sepanjang pertandingan, Ajax memiliki 20 percobaan, 16 di antaranya tepat sasaran. Adapun Lyon memiliki 12 tembakan dengan delapan shots on target.

Tidak heran, peluang sebanyak itu membuat pertandingan ini diwarnai lahirnya lima gol. Dengan penampilan efektif dan tajam, Ajax berhasil memiliki empat di antaranya.

Ajax sudah berhasil membuka keunggulan pada menit ke-25 melalui Bertrand Traore. Striker berusia 21 tahun itu sukses sedikit membelokkan bola umpan tendangan bebas Hakim Ziyech dengan kepalanya.

Ajax pun menutup babak pertama dengan skor 2-0 melalui Kasper Dolberg. Striker 19 tahun asal Denmark itu dengan mudah mencetak gol setelah mendapat bola sundulan dari Traore akibat kesalahan kiper Anthony Lopes saat membuang bola.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber JUARA


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.