Kompas.com - 25/04/2017, 07:17 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - "Kami menilai, Stefano Lilipaly adalah transfer terbaik pada bursa musim dingin Eerste Divisie - kasta kedua Liga Belanda," demikian tulis Voetbal International pada Februari 2017.

Kalimat yang dirilis media ternama Belanda itu merupakan respons terhadap penampilan Lilipaly bersama SC Cambuur. Opini itu masih valid hingga kini menilik peran sang pemain.

Saat baru merekrut Lilipaly pada Januari tahun ini, tim asal Leeuwarden cuma bertengger di peringkat kedelapan. Mereka terus melonjak hingga menempati peringkat ketiga ketika kompetisi kini menyisakan dua pekan lagi.

Selain itu, SC Cambuur juga tercatat sebagai pemuncak tabel Eerste Divisie khusus kalender 2017. Mereka meraup 38 poin dari 17 pertandingan liga sepanjang tahun ini.

Jumlah tersebut lebih banyak dua angka daripada VVV Venlo, yang memuncaki klasemen sementara secara keseluruhan.

Dari 17 partai tersebut, Lilipaly melakoni 15 di antaranya dengan rincian 877 menit. Dalam kurun itu, dia menyumbangkan tujuh gol dan enam assist.

Artinya, gelandang berdarah Maluku itu berkontribusi terhadap satu gol SC Cambuur setiap tampil 67 menit.

Baca: Eksklusif, Hasrat Gelandang Klub Liga Belanda Bela Timnas Indonesia

Rataan tersebut menunjukkan betapa efektifnya Lilipaly dibandingkan 26 anggota skuad lainnya. Bahkan, dua pencetak gol terbanyak klub, Sander van de Streek dan Martijn Barto, tidak mampu menyamainya.

Baik Van de Streek maupun Barto membutuhkan sekitar 100 menit untuk menciptakan satu gol atau assist buat SC Cambuur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.