Ini Janji Wasit yang Pimpin El Clasico di Santiago Bernabeu

Kompas.com - 20/04/2017, 18:26 WIB
Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), melepaskan tembakan yang tak mampu dihalau kiper Barcelona asal Cile, Claudio Bravo, untuk mencetak gol dan membawa Madrid menang 2-1 pada el clasico dalam lanjutan La Liga di Camp Nou, Sabtu (2/4/2016). JOSEP LAGO/AFPPenyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), melepaskan tembakan yang tak mampu dihalau kiper Barcelona asal Cile, Claudio Bravo, untuk mencetak gol dan membawa Madrid menang 2-1 pada el clasico dalam lanjutan La Liga di Camp Nou, Sabtu (2/4/2016).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Duel akbar bertajuk el clasico akan hadir di Santiago Bernabeu, Minggu (23/4/2017), antara Real Madrid dan Barcelona. Hernandez Hernandez kembali dipercaya untuk memimpin pertarungan dua seteru abadi tersebut.

Hernandez mengakui, dia dan rekan-rekannya memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Meskipun demikian, dia berjanji untuk meminimalkan kesalahan.

Musim lalu, Hernandez juga mendapat kepercayaan memimpin el clasico di Camp Nou ketika Los Blancos menang 2-1. Diakuinya, setelah pertandingan dia akan menontonnya lagi untuk mempelajari apa yang salah dari kepemimpinannya.

"Kami menontonnya lagi (el clasico) untuk menganalisis. Usai setiap pertandingan anda mempelajari kesalahanmu dan pasti selalu ada kesalahan sehingga tidak mengulanginya lagi atau meminimalkan kemungkinannya," ujar Hernandez kepada AS.

"Merupakan sebuah kehormatan memimpin el clasico dalam setahun. Anda hanya bisa menikmati pengalaman serta berharap tim terbaik yang menang, tetapi yang utama adalah bukan karena kesalahan kami."

Dia juga mengakui bahwa semua wasit tentu saja berusaha profesional tanpa memandang tim mana yang bertanding. Hanya, el clasico terasa sangat spesial karena pasti menjadi sorotan.

"Semua pemain memiliki keinginan bermain dalam pertandingan seperti ini, setiap fans ingin melihat mereka dan semua wasit ingin mengalaminya," ungkap Hernandez.

"Ini menjadi etalase untuk memperlihatkan kemampuan kami sehingga bisa mendapatkan kesempatan internasional. Ini adalah tantangan dan sebuah kehormatan sehingga saya menyadari tanggung jawabnya."

Hernandez juga dimintai komentar soal kepemimpinan wasit Viktor Kassai saat Real Madrid menang 4-2 atas Bayern Muenchen pada leg kedua perempat final Liga Champions, Selasa (18/4).

"Real Madrid menang atas Bayern? Saya menyaksikan pertandingan itu. Saya juga bisa membuat kesalahan. Anda bisa mengalami pertandingan yang lebih baik atau lebih buruk, tetapi pengalaman Kassai dan levelnya tak perlu diragukan. Anda boleh kritis tetapi harus memiliki rasa hormat," ujarnya.

Memang, wasit asal Hungari ini membuat beberapa keputusan kontroversial. Selain kartu merah Arturo Vidal, dia juga mengesahkan dua gol Cristiano Ronaldo yang berbau offside.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X