Kompas.com - 19/04/2017, 10:35 WIB
Philipp Lahm mengomandoi lini belakang Bayern Muenchen pada laga kontra Werder Bremen, Sabtu (28/1/2017). PATRIK STOLLARZ/AFPPhilipp Lahm mengomandoi lini belakang Bayern Muenchen pada laga kontra Werder Bremen, Sabtu (28/1/2017).
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com - Kekalahan dari Real Madrid memupuskan asa Philipp Lahm (33) menutup perjalanan karier di pentas Eropa dengan manis, yakni memenangi gelar Liga Champions.

Pada awal Februari, Lahm telah mengumumkan akan pensiun sebagai pemain profesional pada akhir musim ini.

"Saya sudah memikirkan hal ini (pensiun) selama lebih dari satu tahun terakhir," ucap Lahm pada Februari.

Berarti ajang Liga Champions musim 2016-2017 merupakan kiprah terakhir kapten Bayern ini sebelum gantung sepatu.

Namun, harapannya mengangkat trofi Liga Champions sebelum pensiun tak mungkin terwujud setelah Bayern Muenchen mengalami kekalahan 4-2 di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa (18/4/2017) waktu setempat.

Hasil negatif 1-2 pada leg pertama yang berlangsung di Allianz Arena membuat Bayern tersingkir dengan agregat akhir 3-6. Kekalahan tersebut pun menjadi penampilan terakhir Lahm di Liga Champions.

Namun, ia enggan menunjukkan kekecewaannya setelah Bayern mengerahkan semua kemampuan terbaik di pertandingan tersebut.

"Tim memperlihatkan keberanian. Kami sudah berusaha memberikan yang terbaik agar dapat menuai kemenangan," kata Lahm seperti dilansir situs resmi Bayern Muenchen.

Walau tidak bisa mendapatkan hasil manis di Liga Champions, Lahm berpeluang besar menutup karier dengan kembali memenangi gelar Bundesliga.

Lahm merupakan pemain yang telah mengecap kesuksesan di semua ajang bergengsi. Ia merupakan pemenang 7 gelar Bundesliga, 6 trofi DFB Pokal, dan satu gelar Liga Champions yang dimenangi pada musim 2012-2013.

Di level negara, Lahm juga sudah merasakan euforia sebagai juara Piala Dunia 2014 bersama tim nasional Jerman. (Wisnu Nova Wistowo)



Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X