Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bale Dipastikan Absen, "Kabar Baik" buat Real Madrid

Kompas.com - 18/04/2017, 07:03 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Ketidakhadiran Gareth Bale menjadi "kabar baik" buat Real Madrid saat melawan Bayern Muenchen pada partai kedua perempat final Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa (18/4/2017).

Mengapa demikian? Bandingkan saja rapor tim berjulukan Los Blancos dengan dan tanpa Bale di Eropa.

Sejak berseragam Real Madrid, Bale sudah melakoni 37 pertandingan di kompetisi kasta teratas Eropa. Dia memberikan dampak berupa sepuluh gol dan sebelas assist.

Hanya, pemain sayap asal Wales itu memiliki secercah cela. Dari 37 laga tersebut, Real Madrid cuma memenangi 27 di antaranya. Adapun lainnya berakhir imbang enam kali dan kalah empat kali.

Sebaliknya, tim ibu kota Spanyol malah mendapatkan hoki lebih besar tanpa Bale. Dari delapan kali Bale absen, mereka mengalami enam kemenangan dan tidak pernah kalah.

Menilik serangkaian catatan tersebut, pelatih Zinedine Zidane sudah seharusnya merasa lega dengan absennya Bale. Sebab, mereka dituntut menghindari kekalahan, terutama dengan selisih dua gol.

Kini, Real Madrid masih mengantongi surplus berkat kemenangan 2-1 pada duel pertama di Allianz Arena.

Baca: Ada "Jose Mourinho" bersama Luis Milla

Selain itu, Bale mendapatkan waktu pemulihan lebih lama. Dipaksakan tampil melawan Bayern bisa saja memperburuk kondisi sang pemain.

"Kami tidak mau mengambil risiko dengan Bale. Dia seharusnya bisa siap dalam beberapa hari," tutur Zidane.

Bahkan, Zidane mungkin harus berharap istirahat lebih lama mengingat tugas setelahnya adalah melawan Barcelona pada partai La Liga - kasta teratas Liga Spanyol - di Santiago Bernabeu, Minggu (23/4/2017).

Khusus duel bertajuk El Clasico itu, kiprah Bale juga diwarnai sejumlah tinta merah. Dari enam penampilan Bale, Real Madrid cuma meraup dua kemenangan dan menderita empat kekalahan.

Lihat juga: Galeri Foto "Mourinho"-nya Indonesia

Beda hal ketika Bale absen melawan Barcelona. Real Madrid justru tidak pernah kalah dengan rincian masing-masing satu kemenangan dan imbang.

Serupa laga kontra Bayern, mereka memang harus menghindari kekalahan dari Barcelona. Hal itu bisa mengancam Real Madrid untuk menjuarai liga.

Sergio Ramos dan kawan-kawan masih memuncaki tabel dengan koleksi 75 poin dari 31 laga atau membentangkan keunggulan cuma tiga angka atas Barcelona, yang sudah melakoni 32 partai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com