Kompas.com - 15/04/2017, 08:33 WIB
Logo Liga 1 Dok. Liga 1Logo Liga 1
|
EditorEris Eka Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Liga 1, kasta teratas kompetisi sepak bola di Indonesia, akan segera dimulai. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan bahwa perhelatan si kulit bulat itu akan bergulir pada Sabtu ini, 15 April 2017.

Pada Liga 1 tahun ini, PSSI menerapkan aturan atau regulasi soal pemain asing. Setiap klub hanya boleh mengontrak maksimal tiga pemain asing, yakni dua orang non-Asia dan satu pemain Asia atau disebut aturan dua plus satu.

Akan tetapi, klub bisa mengontrak pemain asing tambahan jika pemain itu masuk dalam golongan pemain kelas dunia atau disebut marquee player.

Menurut peraturan di Liga 1, marquee player adalah pemain yang pernah bermain setidaknya dalam tiga putaran Piala Dunia terakhir (tahun 2006, 2010, dan 2014) atau pernah berkiprah di liga top Eropa.

Karena itu, untuk bisa meraih hasil yang maksimal pada kompetisi ini, tiap klub pun telah menyiapkan "amunusi" baru untuk memperkuat skuadnya.

Persib Bandung, misalnya. Klub yang dilatih oleh Djadjang Nurdjaman itu menyedot perhatian publik dalam proses pembelian pemain karena merekrut eks gelandang dan striker Chelsea, Michael Essien dan Carlton Cole.

Fifi Nofita/ Juara.net Pemain baru Persib, Michael Essien, berpose ?di depan wartawan sebelum perayaan ulang tahun Persib ke-84 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (14/3/2017).
Baca juga: Persib Vs Arema Jadi Laga Pembuka Liga 1

Tak ketinggalan, Madura United pun berhasil "meminang" pemain dengan status marquee player. Dia adalah Peter Osaze Odemwingie, eks striker West Bromwich Albion, klub Premier League. 

Baca juga: Madura United Resmi Kontrak "Marquee Player" Eks Pemain Premier League

Sementara itu, juara Piala Presiden 2017, Arema FC, berhasil merekrut pemain asal Lebanon, Jad Noureddine. Sebelumnya, pemain yang menempati posisi sebagai bek itu pernah memperkuat Pusamania Borneo FC.

Klub asal Kalimantan, Mitra Kukar, membuat kejutan dengan mendatangkan marquee player mantan pemain Liverpool, Mohamed Sissoko.

AFP PHOTO/Leon Neal Pemain Liverpool, Mohamed Sissoko (kanan) berusaha mengejar pemain Chelsea, Michael Essien (kiri) pada pertandingan perempat final Piala Liga Inggris di Stamford Bridge pada 19 Desember 2007. Saat ini, kedua pemain tersebut bermain di Liga 1. Essien memperkuat Persib Bandung, sementara Sissoko bergabung dengan Mitra Kukar.
Baca juga: Mantan Pemain Liverpool Gabung Mitra Kukar

Ada pula Shane Smeltz. Pemain asal Selandia Baru yang pernah bermain pada Piala Dunia 2010 itu menjadi marquee player milik Pusamania Borneo FC.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.