Rintis Jalan ke Tim Senior, Gerrard Jadi Pelatih Liverpool U-18

Kompas.com - 12/04/2017, 17:05 WIB
LIVERPOOL Steven Gerrard (kanan) dan Direktur Akademi Liverpool. Alex Inglethorpe, seusai penunjukan Gerrard sebagai pelatih akademi.

KOMPAS.com - Impian Steven Gerrard, untuk suatu hari bisa menjadi manajer bagi Liverpool, mulai menemui jalan. Eks kapten The Reds itu akan menjadi pelatih tim Liverpool Under-18 mulai musim depan.

Gerrard, yang kini berusia 36 tahun, telah bekerja di Akademi Liverpool sejak Januari lalu. Peran Gerrard adalah bekerja di lintas usia.

Namun, eks kapten Inggris itu lebih sering mendampingi tim U-18 sejak dia kembali ke Liverpool, seusai bermain di klub MLS Amerika Serikat, Los Angeles Galaxy.

Dengan dipilihnya Gerrard sebagai pelatih tim Liverpool U-18, akan terjadi perubahan di Kirkby, markas Akademi Liverpool. Pelatih U-18 saat ini, Neil Critchley, akan naik pangkat menjadi pelatih U-23.

Gerrard sempat menolak tawaran untuk melatih klub yang berlaga di League One, Milton Keynes Dons, November tahun lalu.

Gerrard memilih untuk sepenuhnya kembali ke Liverpool, merintis jalan untuk menjadi manajer tim senior di sana. Ketika itu, Gerrard menyatakan akan terlalu cepat untuk dirinya dengan menjadi manajer tim senior.

Dok. Liverpool Steven Gerrard berbicara dengan Juergen Klopp pada sesi latihan Liverpool, Senin (30/11/2015).
"Stevie sangat mengerti dia harus belajar untuk menjadi pelatih dan manajer. Kadang, hanya menjadi pemain tidak cukup untuk langsung menjadi manajer," kata eks Asisten Manajer Liverpool, Phil Thompson, kepada Sky Sports

"Dia sudah terlibat di semua level tim di akademi, membantu semua orang, dan menjadi pelatih tim U-18 adalah langkah berikutnya untuk perkembangan dia menjadi manajer," ucapnya.

Thompson juga memprediksi bahwa Gerrard akan mempunyai masa depan yang panjang bersama Liverpool sehingga suatu hari dia akan menjadi manajer tim senior.

"Saya yakin itu. Bagus untuknya untuk memulainya dari tingkat bawah. Steven punya potensi untuk itu dan mungkin dalam beberapa tahun. Barangkali dua tahun ke depan, kita akan melihatnya menjadi pelatih tim inti dan kemudian akan menjadi manajer," kata Thompson. (Dian Savitri)



EditorEris Eka Jaya
SumberJUARA

Close Ads X