Kompas.com - 04/04/2017, 15:08 WIB
Penjaga gawang AC Milan, Gianluigi Donnarumma, gagal menyelamatkan gawangnya dari eksekusi penalti pemain Lazio dalam pertandingan Serie A di Stadion Olimpico, Senin (13/2/2017).
ANDREAS SOLARO/AFPPenjaga gawang AC Milan, Gianluigi Donnarumma, gagal menyelamatkan gawangnya dari eksekusi penalti pemain Lazio dalam pertandingan Serie A di Stadion Olimpico, Senin (13/2/2017).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Pelatih legendaris AC Milan, Fabio Capello (70), mengaku ingin memeluk Gianluigi Donnarumma (18) yang melakukan blunder dalam pertandingan Liga Italia kontra Pescara di Stadion Adriatico, Minggu (2/4/2017).

Duel yang berakhir imbang dengan skor 1-1 tersebut diwarnai oleh blunder kiper muda AC Milan, Gianluigi Donnarumma. Dia gagal mengontrol bola hasil back-pass bek Gabriel Paletta hingga si kulit bulat bergulir masuk ke gawangnya sendiri.

Insiden itu menghasilkan gol bunuh diri yang tercatat atas nama Paletta (menit ke-12). Milan butuh gol penyelamat dari kekalahan yang dicetak Mario Pasalic (41').

"Saya tidak akan mengkritik Donnarumma. Saya bahkan akan memberi dia sebuah pelukan. Saya akan langsung melakukannya di ruang ganti," kata Fabio Capello kepada Radio Anch'io Sport, Senin (3/4/2017).

"Setiap pemain bisa melakukan kesalahan dan saya tidak pernah secara individual mengkritik pemain," ucap dia lagi.

Allenatore yang membawa Milan menyabet empat gelar Serie A pada 1992, 1993, 1994, dan 1996 itu pun menilai pasukan Vincenzo Montella mesti bersyukur memiliki Donnarumma.

Baca Juga:

Donnarumma Bisa Menjadi Ahli Waris Buffon

Cara Penyerang Sampdoria Taklukkan Donnarumma

Maldini Harapkan Kesetiaan Donnarumma di AC Milan

"Dengan posisi saat ini, Milan justru harus berterima kasih kepada Donnarumma atas beragam penyelamatan hebat, bahkan ajaib, yang sudah dia lakukan," ujar Capello.

Sekarang, Milan bertengger di posisi ketujuh klasemen. Mereka hanya tertinggal empat poin dari Atalanta yang menghuni peringkat kelima atau jatah terakhir untuk mendapatkan tiket ke Liga Europa musim depan.

Donnarumma memainkan peran penting di balik pencapaian Milan di Serie A tersebut. Dia menjadi penjaga gawang yang paling banyak melakukan penyelamatan di kompetisi paling elite Negeri Piza (107).

Bahkan, Donnarumma unggul 13 penyelamatan atas kiper Sassuolo, Andrea Consigli, yang menghuni urutan kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.