Kompas.com - 31/03/2017, 21:44 WIB
|
EditorEris Eka Jaya

TANGERANG, KOMPAS.com - Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, membahas metode pelatihan Luis Milla bersama tim nasional (timnas) Indonesia.

Milla dianggap menerapkan ilmu dari tiga pelatih top dunia, yaitu Johan Cruyff, Fabio Capello, dan Claudio Ranieri.

Hal itu diungkapkan Danurwindo saat menjalani forum bertajuk "A Night with The Manager" di Hotel Yasmin, Karawaci, Tangerang, Jumat (31/3/2017).

"Milla selalu mengatakan, 'Saya selalu mengatakan bahwa saya berasal dari Barcelona dan pernah dilatih Johan Cruyff yang menerapkan penguasaan bola. Namun, saya juga pernah ditangani Ranieri dan Capello yang selalu membicarakan pertahanan dan serangan balik'," kata Danurwindo.

Dua pelatih yang disebut terakhir memang sempat bekerja sama dengan Milla. Dia bersama Capello di Real Madrid dan Ranieri di Valencia.

Total, 63 pertandingan resmi dilakoni Milla bersama dua pelatih asal Italia itu.

Baca juga: Nilai Minus Sepak Bola Indonesia di Mata Luis Milla

Dok. Twitter Julen Lopetegui Pelatih Luis Milla dan Julen Lopetegui saat bertugas di tim nasional Spanyol.

Oleh karena itu, Milla pun menerapkan pelajaran sepak bola bertahan yang didapatkannya dari Capello dan Ranieri dalam dua bulan periode kepelatihannya bersama timnas U-22.

"Tiga maestro ini mempunyai pengaruh dalam latihan. Ada situasi menguasai bola, ada pula situasi untuk merebut bola dan serangan balik," ucap Danurwindo.

Biasanya, apa yang akan dilatih sudah disosialisasikan Milla sebelum tim tiba di lapangan. Pria asal Spanyol itu memaparkan semuanya di hotel.

"Jadi, pemain masuk ke lapangan sudah ada informasi. Makanya, masalah komunikasi bisa ditekan karena dia cuma bisa berbahasa Spanyol," kata Danurwindo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.