Kompas.com - 29/03/2017, 09:45 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

SAO PAULO, KOMPAS.com - Brasil kian kokoh di puncak klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan seusai menang 3-0 atas Paraguay, Selasa (28/3/2017) atau Rabu pagi WIB.  

Pada pertandingan di Arena Corinthians itu, timnas Brasil yang mendominasi penguasaan bola hingga 65 persen menang berkat gol Philippe Coutinho (34’), Neymar (63’), dan Marcelo (86’). Kemenangan atas Paraguay ini membuat Brasil selangkah lagi menuju Rusia 2018. 

Coutinho memecah kebuntuan Brasil ketika pertandingan memasuki menit ke-34. Kerja sama apik 1-2 dengan Paulinho diselesaikan Coutinho dengan sepakan dari luar kotak penalti dan bersarang di pojok kanan gawang Antony Silva. 

Enam menit babak kedua berjalan, timnas Brasil punya kans untuk menggandakan keunggulan ketika Neymar dijatuhkan Rodrigo Rojas di kotak terlarang. Neymar yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya setelah tembakan dia ditepis kiper lawan. 

Pada menit ke-63, Neymar membayar kesalahannya. Menggiring bola dari area pertahanan Brasil, pemain Barcelona itu terus merangsek ke area lawan dan melepas tembakan ke tiang jauh gawang Paraguay. 

Marcelo yang memberi umpan sebelum Neymar melakukan solo run, mencatatkan namanya di papan skor ketika waktu normal bersisa empat menit. Seperti halnya gol Coutinho, Paulinho memberi umpan satu sentuhan untuk diselsaikan Marcelo. 

Timnas Brasil menang 3-0 dan kian kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 33 poin dari 14 laga. Dengan sisa empar laga, Brasil sudah pasti akan finis di posisi lima besar alias berkesempatan lolos ke Piala Dunia 2018. 

Empat tim teratas zona Conmebol akan otomatis lolos ke Rusia 2018. Peringkat kelima klasemen akan menjalani laga play-off melawan wakil Oseania. 

Brasil 2-0 Paraguay (Philippe Coutinho 34’, Neymar 63’)  

Brasil: 1-Alisson, 3-Miranda, 13-Marquinhos (14’Thiago Silva 46'), 5-Casemiro, 16-Marcelo, 22-Fagner, 15-Paulinho, 8-Renato Augusto, 10-Neymar, 11-Philippe Coutinho (19-Willian 87’), 21-Roberto Firmino (9-Diego Souza 88’)

Pelatih: Tite

Paraguay: 12-Antony Silva, 4-Darlo Veron, 14-Paulo da Silva, 13-Junior Alonso, 5-Bruno Valdez, 16-Cristian Riveros, 18-Rodrigo Rojas, 6-Cecilio Dominguez (19-Angel Romero 77’), 17-Hernan Perez, 10-Derlis Gonzalez (9-Federico Santander 55'), 23-Miguel Almiron  (21-Oscar Romero 46’)

Pelatih: Francisco Arce

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.