Kompas.com - 26/03/2017, 05:42 WIB
Ekspresi emain Belanda, Arjen Robben, saat bertanding melawan Bulgraria dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Vasil Levski, Sofia, Bulgaria, Sabtu (25/3/2017) waktu setempat. AFP/Dimitar DilkovEkspresi emain Belanda, Arjen Robben, saat bertanding melawan Bulgraria dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Vasil Levski, Sofia, Bulgaria, Sabtu (25/3/2017) waktu setempat.
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Nasib berbeda dialami dua kekuatan sepak bola Eropa yang tergabung di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Perancis dan Belanda pada Sabtu (25/3/2017) atau Minggu dini hari WIB.

Perancis kian kokoh di puncak klasemen sementara Grup A. Sementara itu, Belanda mengalami kekalahan mengejutkan ketika bertandang ke Stadion Vasil Levski, markas Bulgaria.

Perancis tampil gemilang saat menang 3-1 di markas Luksemburg. Dua gol Olivier Giroud dan satu lesakan penalti dari Antoine Griezmann hanya bisa dibalas satu oleh tuan rumah yang merupakan tim terlemah di grup ini.

Les Bleus menang 3-1 atas tuan rumah Luxemburg dalam pertandingan di Stade Josy Barthel, Letzebuerg, Luxemburg.

Olivier Giroud membuka keunggulan timnya pada menit ke-28, sebelum penalti Aurelien Joachim menyamakan kedudukan enam menit kemudian.

Skor 1-1 hanya bertahan tiga menit. Prancis ganti mendapat penalti dan Antoine Griezmann sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor. Giroud menutup laga dengan gol keduanya pada menit ke-77.

Kemenangan ini membuat Perancis kokoh di puncak klasemen dengan 13 poin dari lima laga. Setelah ditahan 0-0 oleh Belarus pada laga pertama kualifikasi, pasukan Didier Deschamps itu selalu menang dalam empat laga berikutnya.

Posisi kedua klasemen sementara diisi oleh Swedia dengan koleksi 10 poin. Pada pertandingan terbaru, Swedia menang 4-0 atas Belarus berkat gol Emil Forsberg (19'-penalti, 49'), Marcus Berg (57'), Isaan Kiese Thelin (78').

Bulgaria mengekor Swedia dengan selisih satu angka berkat kemenangan 2-0 atas Belanda. Belanda takluk oleh dua gol bomber Bulgaria, Spas Delev.

 

Pertandingan baru berjalan selama lima menit ketika Delev mengelabui barisan pertahanan De Oranje sebelum menaklukkan Jeroen Zoet yang mengawal gawang Belanda.

Arjen Robben dkk mencoba bangkit dari ketertinggalan. Namun, mereka justru balik tertekan.

Alhasil, Delev kembali mejebol gawang Zoet pada menit ke-20. Gol tersebut bermula dari kesalahan bek Belanda, Matthijs de Ligt, yang bermaksud membuang bola.

Hasil ini juga membuat Belanda yang awalnya berada di posisi kedua di bawah Perancis, terlempar ke peringkat keempat dengan koleksi 7 poin. Mereka cuma unggul atas Belarus (2) dan Luksemburg (1). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.