Kompas.com - 25/03/2017, 13:49 WIB
Xabi Alonso (kiri) saat masih membela Liverpool dalam laga Premier League kontra Manchester United di Stadion Anfield, 3 Maret 2007. ANDREW YATES/AFPXabi Alonso (kiri) saat masih membela Liverpool dalam laga Premier League kontra Manchester United di Stadion Anfield, 3 Maret 2007.
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com - Mantan gelandang Liverpool, Xabi Alonso, mengatakan bahwa klub tersebut merupakan bagian penting dalam perjalanan hidupnya.

Karena itu, dia pun tidak menutup kemungkinan kembali ke Anfield, markas Liverpool, setelah gantung sepatu pada akhir musim 2016-2017 mendatang.

Alonso bermain di Liverpool selama lima tahun dari 2004 hingga 2009.

Dia membantu klub asal Merseyside tersebut meraih satu Piala FA dan satu trofi Liga Champions saat masih berseragam The Reds, julukan Liverpool.

Alonso lalu pindah ke Real Madrid hingga 2014 sebelum mendarat di klub juara Liga Jerman, FC Bayern.

Pemain berusia 35 tahun tersebut memutuskan akan pensiun pada akhir musim nanti. Menurut Alonso, dia tetap membuka peluang untuk kembali ke Liverpool setelah menutup kariernya.

CHRISTOF STACHE/AFP Gelandang Bayern Muenchen, Xabi Alonso, merayakan gol ke gawang Werder Bremen bersama rekan-rekannya di Allianz Arena, 26 Agustus 2016.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Liverpool tetap jadi bagian penting hidup saya. Meski sudah tidak bermain di klub tersebut, saya masih punya ikatan emosional dan mengikuti kiprah mereka," tutur Alonso.

"Saya tidak sabar ingin kembali ke Anfield bersama putra saya. Dia lahir di kota Liverpool dan penasaran ingin ke sana," lanjut pemain yang mengawali kariernya di Real Sociedad tersebut.

Jika mengamati kembali perjalanan kariernya di Liverpool serta di Real Madrid dan FC Bayern, Alonso merasa beruntung.

Dia menilai ketiga tim tersebut sebagai tim terbaik dan bersejarah di liga masing-masing.

"Saya bermain untuk tim terbaik di Inggris, Spanyol, dan Jerman. Hal tersebut menjawab mimpi saya, yaitu punya karier yang bagus," tuturnya.

"Di ketiga klub ini, saya merasakan bermain dengan pemain dan manajer hebat dan belajar banyak dari mereka," ucapnya. (Lariza Oky Adisty)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.