Kompas.com - 24/03/2017, 17:03 WIB
Arthur Cunha (kanan) dan Felipe Bertoldo saat baru tiba di Stadion Manahan Solo, Jumat sore (24/2/2017). OVAN SETIAWAN/JUARAArthur Cunha (kanan) dan Felipe Bertoldo saat baru tiba di Stadion Manahan Solo, Jumat sore (24/2/2017).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.comBukan rahasia lagi bahwa pemain asing mendapatkan fasilitas lebih mewah ketimbang pemain lokal. Berikut adalah sejumlah kemewahan yang diberikan kepada para ekspatriat pencari nafkah di Liga Indonesia.

Hotel bintang empat

Mayoritas pemain asing di Indonesia meminta tempat tinggal di hotel berbintang empat dengan fasilitas lengkap, tidak seperti pemain lokal yang cuma menempati rumah kontrakan dengan kondisi standar.

"Perbedaan itu tercantum dalam klausul kontrak mereka. Soal hotel, kami menempatkan pemain asing di Ijen Suites sejak 2013. Sekarang ini yang menetap di sana adalah Felipe Bertoldo dan Arthur Cunha," kata media officer Arema FC, Sudarmaji.

Baca: Empat Pemain Gratisan yang Bisa Jadi Marquee Player di Indonesia

Mobil operasional

Kendaraan roda empat juga merupakan tuntutan wajib yang harus dipenuhi kubu manajemen klub berkaitan dengan pemain asing. Belakangan, mobil operasional untuk mereka kebanyakan memakai tipe minibus.

“Selama ini tidak pernah ada yang rewel soal mobil. Standar kami mengggunakan minibus," ujar Sudarmaji.

Baca: Ketika Didier Drogba dan Samuel Eto'o Bicarakan Persib Bandung...

Gaji tinggi

Item terakhir adalah yang paling mencolok, yakni gaji. Kisaran penghasilan pemain asing biasanya dua kali lipat dari pemain lokal berpredikat senior atau andalan klub yang bersangkutan.

"Perbedaan soal nilai kontrak saya kira tidak terlalu menonjol. Kontrak pemain asing berada di kisaran satu miliar rupiah, sedangkan pemain lokal berstatus senior 400 juta rupiah ke atas. Pengecualian bagi pemain muda tentunya," ujar Manajer Semen Padang, Win Benardino. (Indra Citra Sena/Ovan Setiawan/Yosrizal)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.