Kompas.com - 24/03/2017, 16:30 WIB
Bek asal Cile, Patricio Antonio Jimenez. GONANG SUSATYO/JUARABek asal Cile, Patricio Antonio Jimenez.
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com — Sejumlah kisah pilu mewarnai kiprah pesepak bola asing di Indonesia. Sebagian besar disebabkan oleh gaji dan gaya hidup.

Masih ingat bagaimana nasib Sergei Litvinov mencari rezeki di Tanah Air? Eks pemain Solo FC, Persikab Bandung, dan PSLS Lhokseumawe itu berjualan jus, sebelum dideportasi, untuk menyambung hidupnya.

Baca juga: Pemain Rusia Jualan Jus, Menpora Beri Tanggapan

Hidup Diego Mendieta juga berakhir tragis. Pemain asal Paraguay itu tak kunjung mendapat gaji dari Persis Solo hingga ajal menjemput pada akhir 2012.

Lantaran kesulitan biaya, Mendieta sempat meminta ongkos untuk pulang ke negaranya. Namun, hal itu tak bisa dipenuhi.

Baca juga: Diego Mendieta Dapatkan Haknya Setelah Tutup Usia

Lepas dari masalah gaji, sejumlah pemain asing juga kerap berperilaku negatif di luar lapangan. Sebut saja Kamara Kelvin yang ditangkap polisi akibat kasus penipuan melalui Facebook.

Mantan pemain PSPS Pekanbaru asal Sierra Leone itu melakukan aksi tersebut bersama sang istri. (Baca: Bareskrim Bongkar Kejahatan lewat "E-mail" Antarnegara)

Hilton Moreira juga pernah bertindak negatif ketika melakukan pelecehan seksual terhadap seorang pramugari pada 2012. Masih ada pemain PSM Makassar, Roberto Acosta, yang terjerat kasus hukum lantaran menganiaya kekasihnya.

Baca juga: Antara Pramugari dan Hilton Moreira Baru Saja Berkenalan

Michael Onuorah dan Austine Bosah Uchenna bahkan terlibat kasus narkoba pada akhir 2010. Pemain yang pernah berkiprah di Divisi Utama Liga Indonesia itu dituduh menyelundupkan sabu seberat 2 kilogram. (Baca: Selundupkan Sabu, 2 Pemain Nigeria Disidang)

Yang paling fenomenal tentu Marcio Souza. Pemain asal Brasil itu terkenal temperamen. Marcio sempat dikeroyok tiga rekannya sendiri saat memperkuat Perseman Manokwari.

Terakhir, dia ditangkap di Brasil pada pertengahan tahun lalu lantaran terlibat kasus pengaturan skor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.