Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Telak di Kandang Uruguay, Brasil Kokoh di Puncak Klasemen

Kompas.com - 24/03/2017, 08:13 WIB
Anju Christian

Penulis

MONTEVIDEO, KOMPAS.com - Tim nasional Brasil menang 4-1 atas tuan rumah Uruguay pada partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di Stadion Centenario, Kamis (23/3/2017) waktu setempat atau Jumat (24/3/2017) WIB.

Tiga dari empat gol Brasil dicetak oleh Paulinho dan sisanya berkat Neymar. Uruguay cuma membalas satu lesakan melalui penalti Edinson Cavani.

Kemenangan ini mengantarkan pasukan Tite memuncaki klasemen dengan koleksi 30 poin atau mengantongi surplus tujuh angka atas Uruguay di bawahnya.

Brasil sebenarnya memulai laga ini dengan posisi tertekan. Belum genap sepuluh menit pertandingan berlangsung, mereka sudah tertinggal akibat tembakan penalti dari titik putih.

Hukuman tersebut dipicu oleh kesalahan Marcelo melakukan operan ke belakang. Bola direbut oleh Edinson Cavani yang terpaksa dijatuhkan pemain Brasil di kotak terlarang.

Hanya butuh sepuluh menit untuk Brasil menyamakan kedudukan.Neymar mencuri bola dari Carlos Sanchez di sektor tengah, kemudian melepas umpan akurat kepada Paulinho.

Pemilik nama terakhir menuntaskan serangan dengan tembakan keras dari jarak 23 meter ke gawang Martin Silva.

Sisa waktu paruh pertama masih diwarnai jual beli serangan antara kedua tim. Sejumlah peluang tercipta, termasuk tendangan bebas Neymar, tetapi tak satu pun berbuah gol.

Baru tujuh menit setelah jeda, gol kembali tercipta. Lagi-lagi, Paulinho mencatatkan namanya di papan skor.

Lesakan berawal dari tembakan Firmino yang masih bisa digagalkan oleh Martin Silva. Masuk dari kanan, Paulinho menyambar bola liar untuk membawa timnya unggul.

Keunggulan satu gol tidak lantas membuat serangan Brasil mengendur. Mereka terus mengancam hingga akhirnya menambah skor pada menit ke-74.

Bola panjang Joao Miranda diterima Neymar dengan lari kencang dan tembakan terukur ke pojok gawang Uruguay.

Laga ditutup dengan catatan gol ketiga Paulinho pada masa injury time. Dia meneruskan umpan silang Daniel Alves dalam lesakan terakhirnya.

Uruguay 1-4 Brasil (Edinson Cavani 9'-pen ; Paulinho 19', 52', 90'+, Neymar 74')

Uruguay: 23-Martin Silva; 16-Maximiliano Pereira, 19-Sebastian Coates, 3-Diego Godin, 13-Gaston Silva; 5-Carlos Sanchez (8-Abel Hernandez 77'), 17-Egidio Arevalo, 15-Matias Vecino, 7-Cristian Rodriguez; 22-Diego Rolan (11-Christian Stuani 58'), 21-Edinson Cavani
Pelatih: Oscar Tabarez

Brasil: 1-Alisson Becker; 2-Daniel Alves, 13-Marquinhos, 3-Miranda, 16-Marcelo; 15-Paulinho, 5-Casemiro, 8-Renato Augusto (17-Fernandinho 82'); 11-Philippe Coutinho (19-Willian 86'), 21-Roberto Firmino (9-Diego Souza 89'), 10-Neymar
Pelatih: Tite

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com