Kompas.com - 07/03/2017, 19:18 WIB
Pelatih timnas U-22 Indonesia Luis Milla saat seleksi timnas U-22 Indonesia di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Tangerang, Banten, Rabu (22/2/2017). Sebanyak 25 pemian sepak bola mengikuti seleksi pertama Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2017. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPelatih timnas U-22 Indonesia Luis Milla saat seleksi timnas U-22 Indonesia di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Tangerang, Banten, Rabu (22/2/2017). Sebanyak 25 pemian sepak bola mengikuti seleksi pertama Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2017.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

TANGERANG, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-22, Luis Milla, memprioritaskan taktik tiga pemain depan untuk tim asuhannya.

Milla memang menerapkan skema itu dalam tiga tahapan seleksi di Lapangan Universitas Pelita Harapan dan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

Dia tidak membutuhkan banyak striker murni dengan taktik tersebut. Sebagai konsekuensi, sang pelatih cuma memanggil dua nama setiap tahapan.

Pada seleksi ketiga, Ahmad Nur Hardianto dan Dendi Sulistyawan mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi.

"Idealnya, kami ingin bermain dengan striker murni ditemani sayap kanan dan kiri," tutur Milla dalam jumpa pers di Hotel Yasmin, Selasa (7/3/2017).

"Kami bisa menyerang lewat striker murni atau pemain sayap. Tidak menutup kemungkinan juga apabila gelandang di belakang striker melakukan penyerangan," ucap dia.

 

Hari pertama seleksi tahap ketiga, Timnas Indonesia U- 22 #TimnasU22 ##PSSI #ProfesionalBermartabat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

A post shared by PSSI - FAI (@pssi__fai) on Mar 7, 2017 at 12:19am PST

Hanya, Milla tidak cuma bergantung terhadap satu formasi. Dia juga memiliki beberapa opsi lainnya.

Dicatat Transfermarkt, Milla sempat mengusung skema formasi 3-5-2 dan 4-4-2 bersama Al-Jazira. Adapun dengan timnas Spanyol U-21, dia kerap menggunakan 4-2-3-1 atau 4-1-4-1.

"Taktik bisa berubah bergantung kepada lawan," ucap pria berusia 50 tahun itu.

Tidak disebutkan apa rencana cadangan Milla apabila formasi utamanya gagal membuahkan hasil. Kemungkinan besar, dia baru mengeksplorasi hal itu setelah menetapkan 25 pemain untuk training camp (TC).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.