Kompas.com - 23/02/2017, 06:29 WIB
Pelatih timnas U-22 Indonesia Luis Milla saat seleksi timnas U-22 Indonesia di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Tangerang, Banten, Rabu (22/2/2017). Sebanyak 25 pemian sepak bola mengikuti seleksi pertama Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2017. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPelatih timnas U-22 Indonesia Luis Milla saat seleksi timnas U-22 Indonesia di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Tangerang, Banten, Rabu (22/2/2017). Sebanyak 25 pemian sepak bola mengikuti seleksi pertama Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2017.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

TANGERANG, KOMPAS.com - Asisten pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Bima Sakti, menyiapkan kamus kecil bahasa Spanyol untuk mereduksi kendala komunikasi antara pemain dan entrenador Luis Milla.

Menurut pantauan Kompas.com pada sesi seleksi tahap pertama di lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Rabu (22/2/2017) sore WIB, mayoritas pemain masih kerap kesulitan untuk menyerap instruksi dari Milla.

Maklum, pelatih asal Spanyol itu cuma bisa menggunakan bahasa ibu. Dalam sesi latihan, Eduardo Perez selaku staf pelatih, menerjemahkan perintah Milla kepada pemain dengan bahasa Inggris.

"Sejauh ini komunikasi masih aman-aman saja. Kami juga bikin kamus kecil semacam rangkuman istilah sepak bola dalam bahasa Spanyol," kata Bima.

"Hal itu kami perhatikan agar semua pemain mengerti kapan pelatih meminta mereka harus naik menyerang atau turun bertahan," ucap legenda sepak bola Indonesia itu.

Selama ini, Milla dibantu oleh Bayu Putra yang ditugasi sebagai penerjemah dari bahasa Spanyol ke bahasa Indonesia merangkap tim administrasi timnas. Namun, Bayu hanya bertugas di luar area teknis.

Seleksi tahap pertama berlangsung pada 21-23 Februari 2017. Sebanyak 25 pemain dipantau langsung oleh pelatih asal Spanyol itu. (Segaf Abdullah)



Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X