Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Cristiano Ronaldo Bukan Pemain Individualis

Kompas.com - 16/02/2017, 19:13 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo mulai mengikis anggapan bahwa dia adalah pemain individualis di atas lapangan hijau.

Hal itu diperlihatkan Ronaldo dalam kiprahnya bersama Real Madrid pada Liga Champions musim ini.

Saat laga pertama babak 16 besar Liga Champions kontra Napoli di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (15/2/2017) waktu setempat, El Real meraih kemenangan 3-1.

Ronaldo tidak mencatatkan namanya di papan skor. Akan tetapi, pria 32 tahun itu mengkreasi assist untuk gol yang dicetak oleh Toni Kroos pada menit ke-49.

Berawal dari tusukan di sisi kanan, Ronaldo kemudian melewati bek andalan Napoli, Kalidou Koulibaly, sebelum menyodorkan bola kepada Kroos.


Kini, Ronaldo sudah menciptakan lima assist dari tujuh penampilannya dalam Liga Champions musim ini. Bagi dia, hal ini merupakan pemecahan rekor.

Jumlah assist tersebut adalah yang terbanyak bagi Ronaldo dalam satu musim kompetisi Liga Champions bersama Real Madrid.

Ronaldo juga menjadi pembuat assist terbanyak sementara Real Madrid pada Liga Champions musim ini, diikuti Daniel Carvajal (3) dan James Rodriguez (2).

Sebagai perbandingan, pada Liga Champions musim lalu, Ronaldo hanya menorehkan empat assist dari 12 pertandingan.

Ia cuma terpaut satu angka dari Isco yang menjadi pembuat assist terbanyak Real Madrid.

Adapun gelar top assist Liga Champions musim lalu jatuh ke tangan winger Bayern Muenchen, Kingsley Coman (enam assist dari delapan laga).


Dengan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sejatinya Ronaldo bukan pemain individualis seperti yang dianggap oleh kebanyakan orang.

Ronaldo tentu masih berpeluang menambah pundi-pundi assist-nya pada laga kedua babak 16 besar di kandang Napoli, 7 Maret 2017.

Lantas, bagaimana dengan Lionel Messi yang selama ini kerap dibanding-bandingkan dengan Ronaldo?

Ternyata, musim ini Messi baru mencatatkan dua assist dari enam pertandingan Liga Champions.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com