Kompas.com - 04/02/2017, 09:41 WIB
Aksi striker Manchester United, Zlatan Ibrahimovic, saat mencoba menjebol gawang Liverpool yang dijaga SImon Mignolet pada laga Premier League di Old Trafford, Minggu (15/1/2017). OLI SCARFF/AFP Aksi striker Manchester United, Zlatan Ibrahimovic, saat mencoba menjebol gawang Liverpool yang dijaga SImon Mignolet pada laga Premier League di Old Trafford, Minggu (15/1/2017).
EditorAloysius Gonsaga AE

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mengingatkan timnya untuk tidak menggantungkan urusan mencetak gol hanya kepada bomber Zlatan Ibrahimovic. Para pemain lain pun harus mulai lebih produktif.

Kata-kata Mourinho mengacu kepada hasil seri 0-0 kontra Hull City di Old Trafford, Rabu (1/2/2017). Hasil tersebut membuat Manchester United tetap berada di peringkat keenam klasemen Premier League.

Padahal, jika menang, mereka berpeluang naik ke empat besar. Pasalnya, empat penghuni lima besar klasemen gagal mendulang poin maksimal.

Liverpool dan Chelsea bermain imbang 1-1, Tottenham Hotspur seri 0-0 melawan Sunderland, sementara Arsenal kalah 1-2 dari Watford. Hanya Manchester City yang meraup kemenangan setelah menggilas West Ham United 4-0.

Selain itu, Setan Merah juga mencatat enam hasil seri di Old Trafford. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan jumlah kemenangan mereka (5 kali). Torehan gol di kandang mereka juga tidak impresif dengan hanya 17 gol dari 12 laga.

Catatan tersebut merisaukan Mourinho. Tak heran jika mantan pelatih Inter Milan dan Chelsea ini meminta kontribusi dari pemain lain.

"Saya setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa kami tidak mencetak cukup banyak gol. Beberapa pemain di posisi menyerang seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol," kata Mourinho.

Mourinho menilai bahwa minimnya catatan gol tersebut aneh karena Manchester United tampil agresif dan memungkinkan para pilarnya bekerja sama menciptakan gol.

Faktanya, Manchester United bergantung pada produktivitas Ibrahimovic. Pemain asal Swedia tersebut menjadi top scorer Man United dengan 14 gol di Premier League.

"Dalam setiap tim, pasti penyerang-lah yang akan menjadi pencetak gol terbanyak. Kecuali kalau ada pemain lain yang bisa mencetak gol, Anda akan punya 7-8 figur yang bisa diandalkan," tutur Mourinho.

Anak-anak buah Mourinho masih punya kesempatan untuk menjawab tantangan pelatih asal Portugal tersebut. Zlatan dkk akan menjamu juara bertahan Premier League, Leicester City, Minggu (5/2/2017). (Lariza Oky Adisty)



Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X