Imigrasi Akan Awasi Pemain Asing

Kompas.com - 03/02/2017, 06:42 WIB
Pemain baru Persib Bandung Erick Weeks saat menjalani latihan perdananya di Lapangan Lodaya Bandung, Selasa (24/1/2017). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Kontributor Bandung, Dendi RamdhaniPemain baru Persib Bandung Erick Weeks saat menjalani latihan perdananya di Lapangan Lodaya Bandung, Selasa (24/1/2017). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) akan melibatkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk mengawasi izin tinggal para pemain asing yang bermain di kompetisi pramusim Piala Presiden 2017.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2017, Iwan Budianto, di Jakarta, Kamis (2/2/2017). Dia mengatakan, PSSI akan menghubungi pihak Imigrasi, setelah pendaftaran nama pesepak bola luar negeri selesai.

"Pendaftaran pemain asing itu ditutup sehari setelah pertandingan (pertama) berakhir di masing-masing daerah. Jadi, paling cepat tanggal 5 atau 6 Februari 2017 kami melakukan rekapitulasi dan setelah itu berkomunikasi dengan Imigrasi," ujar Iwan seperti dilansir dari Antaranews.

Dia melanjutkan, kebijakan ini dilakukan salah satunya karena ada rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

BOPI tidak ingin para pemain asing di Piala Presiden melanggar undang-undang yang berlaku.

PSSI memang membebaskan 20 klub yang berkompetisi di Piala Presiden 2017 untuk memakai jasa pemain asing dengan jumlah tak terbatas, bahkan bisa mencapai 50 persen dari maksimal pemain didaftarkan atau 15 dari 30 nama.

Aturan ini sengaja diperlonggar dari ketentuan Liga 1 - kompetisi sepak bola nasional tertinggi dimulai Maret 2017 - yang mengharuskan tim memiliki hanya tiga pemain asing, dua dari non-Asia dan satu dari Asia. Hal itu dimaksudkan agar klub bisa melakukan seleksi jelang kompetisi resmi. 

"Pemain asing tidak harus dikontrak. Mereka bisa bertanding dengan visa saja, tidak apa-apa," tutur dia.

Adapun pada hari ini, Kamis (2/2), BOPI mengeluarkan surat rekomendasi penyelenggaraan pertandingan sepak bola turnamen pra-musim Piala Presiden 2017 dengan nomor SR.SB.004/BOPI/KU/II-2017 ditandatangani langsung Ketua BOPI, Noor Aman.

Dengan turunnya surat ini, semua masalah administrasi bisa dikatakan tuntas. Surat tersebut bakal menjadi dasar aparat kepolisian untuk mengeluarkan izin keramaian yang selama ini sering menjadi kendala.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ANTARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X