Kompas.com - 26/01/2017, 12:11 WIB
Kiper Persib I Made Wirawan saat ditemui usai latihan di Lapangan Sesko AD, Jalan Gatot Subroto, Senin (7/3/2016). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIKiper Persib I Made Wirawan saat ditemui usai latihan di Lapangan Sesko AD, Jalan Gatot Subroto, Senin (7/3/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung mulai menerapkan sinyal waspada jelang bergulirnya turnamen Piala Presiden 2017. Dalam turnamen itu, Persib tergabung di Grup 3 bersama PSM Makasar, Persiba Balikpapan, dan Persela Lamongan.

Ada kekhawatiran tak tersirat dari beberapa pemain Persib menatap calon lawan mereka. Apalagi, sejumlah mantan pemain Persib kini berpihak sebagai lawan.

Hingga saat ini, ada empat eks Persib yang sudah berganti seragam. Di antaranya, Samsul Arif, M. Agung Pribadi, Eka Ramdani (Persela Lamongan), dan Ferdinan Sinaga (PSM Makasar). 

Satu lawan lain, Persiba Balikpapan, juga punya memori khusus bagi dua pemain Persib. Kiper I Made Wirawan dan gelandang serbabisa Shohei Matsunaga pernah berkostum tim asal Kalimantan Timur itu. 

Buta kekuatan tim lawan. Seperti itulah penilaian I Made Wirawan saat ditanya soal peta kekuatan para kontestan Grup 3.

"Kami bisa dibilang masih buta kekuatan tim lawan karena belum bertemu mereka," ucap Made saat ditemui di Universe Fitness, Jalan Manado, Bandung, Kamis (26/1/2017).

"Masalah peluang, semua punya kans sama. Tinggal bagaimana kami mempersiapkan diri nanti. Mudah-mudahan bisa tampil lebih maksimal dan kompak," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemain berusia 35 tahun itu menuturkan, tiga calon lawan Persib punya tim yang solid lantaran tak banyak perubahan signifikan dalam komposisi pemain.

"Saya enggak melihat mereka jor-joran. Saya melihat tim yang utuh. Dalam artian, mereka masih mempertahankan (pemain) lama. Jadi saya kira itu mereka lebih kompak, karena kalau banyak pemain baru butuh adaptasi lagi," ujarnya.

Sebagai benteng terakhir pertahanan, Made pun memberi perhatian khsusus untuk Ferdinan Sinaga dan Samsul Arif. Menurut dia, kedua pemain itu akan berpotensi merepotkan lini belakang Persib.

"Ferdinan mungkin punya kecepatan. Kalau Samsul, teknik individunya yang menonjol dalam hal melewati lawan dan shooting. Sedikit banyak, kami tahu (karakter) permainan mereka," tuturnya.

 

Namun, secara keseluruhan Made memandang setiap tim yang akan menghadapi Persib, selalu punya motivasi berlipat.

"Lawan Persib, kita semua sudah tahu, enggak hanya mantan tetapi semua pemain punya motivasi lebih. Jadi, kami enggak lihat cuma mantan," ucap dia.

Partai antara Persib kontra Persiba Balikpapan akan menjadi laga istimewa bagi Shohei Matsunaga. Sebab, sebelum direkrut Persib, Shohei merupakan salah satu pilar penting bagi Persiba.

"Motivasinya tinggi karena saya mantan tim (Persiba). Saya harus main bagus, membuktikan lagi. Saya enggak tahu soal kondisi Persiba sekarang. Banyak pemain baru, saya engak tahu, tetapi mungkin tetap kuat," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.