Pemain PSG Ini Diganjar Kartu Kuning Setelah Lakukan "Back-pass"

Kompas.com - 25/01/2017, 17:21 WIB
Wasit Johan Hamel (kiri) berbicara dengan gelandang Paris Saint-Germain Thiago Motta (dua dari kiri) terkait keputusannya mengganjar gelandang Marco Verratti dengan kartu kuning dalam pertandingan Ligue 1 melawan Nantes,  Sabtu (21/1/2017). JEAN-SEBASTIEN EVRARD / AFPWasit Johan Hamel (kiri) berbicara dengan gelandang Paris Saint-Germain Thiago Motta (dua dari kiri) terkait keputusannya mengganjar gelandang Marco Verratti dengan kartu kuning dalam pertandingan Ligue 1 melawan Nantes, Sabtu (21/1/2017).
|
EditorAloysius Gonsaga AE

PARIS, KOMPAS.com — Gelandang asal Italia, Marco Verratti, menjadi satu-satunya pemain Paris Saint-Germain yang diganjar kartu kuning saat melawan Nantes pada pertandingan lanjutan Ligue 1, Sabtu (21/1/2017).

PSG memenangi laga dengan skor 2-0 berkat dua gol dari Edinson Cavani. Dalam pertandingan tersebut, Verratti mendapatkan kartu kuning dari wasit Johann Hamel pada menit ke-30.

Dari tayangan ulang, kiper Kevin Trapp berada di luar kotak penalti untuk memberikan bola kepada Verratti. Verratti lalu menggiring bola ke dalam kotak penalti dan mengembalikan si kulit bulat kepada Trapp.

Namun, Verratti melakukan cara yang tidak biasa saat mengembalikan bola. Dia melakukan back-pass dengan menggunakan kepalanya.

Wasit Hamel langsung menghentikan pertandingan untuk memberikan kartu kuning kepada Verratti. Hamel pun memberikan tendangan bebas tak langsung untuk Nantes.

Keputusan Hamel menjadi perdebatan. Lantas, Hamel mengungkapkan alasan di balik keputusannya.

"Pemain ini berusaha mengelabui peraturan pertandingan. Pemain ini melakukan tipuan terlepas kiper berhasil menangkap bola atau tidak," kata Hamel dalam wawancara dengan Canal Plus.

"Pemain belakang seharusnya dihukum karena tindakan tidak sportif. Dia menggunakan cara yang tidak pantas yang bertentangan dengan peraturan pertandingan. Dengan demikian, ada hukuman dan tendangan bebas tak langsung," tuturnya.

Berdasarkan pemahaman tersebut, Hamel mengaku tak menyesal perihal keputusannya meski menuai kritik.

"Saya tahu keputusan ini tidak biasa, tetapi menurut saya itu jelas. Di sini, saya untuk menerapkan peraturan pertandingan, dan ini bagian dari tugas saya," ujarnya.

Verratti sendiri sudah mengoleksi empat kartu kuning di Ligue 1 sepanjang musim ini.

Kompas TV 20 Klub Siap Berlaga di Piala Presiden 2017

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ESPN FC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X