Dari Charlton dan Ferguson untuk Rooney

Kompas.com - 22/01/2017, 09:12 WIB
Para pemain Manchester United merayakan gol Wayne Rooney ke gawang Stoke City pada partai lanjutan Premier League di Stadion bet365, Sabtu (21/1/2017). LINDSEY PARNABY/AFPPara pemain Manchester United merayakan gol Wayne Rooney ke gawang Stoke City pada partai lanjutan Premier League di Stadion bet365, Sabtu (21/1/2017).
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Wayne Rooney menerima berbagai pujian setelah memecahkan rekor gol Manchester United, termasuk dari dua legenda klub, Sir Bobby Charlton dan Sir Alex Ferguson.

Rekor tercipta saat Rooney mencetak gol penyeimbang ke gawang Stoke City pada partai lanjutan Premier League di Stadion bet365, Sabtu (21/1/2017).

Sang kapten sudah mencetak 250 gol untuk Man United atau mengungguli Sir Bobby Charlton dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub.

Rekor Charlton sudah bertahan lebih dari 40 tahun. Gol terakhir dia untuk Setan Merah, julukan Man United, tercipta pada 31 Maret 1973.

"Saya sudah terbiasa dengan predikat pencetak gol sepanjang sejarah klub," tutur Charlton.

Berangkat dari durasi tersebut, Charlton pun memprediksi bakal sulit untuk pemain lain mematahkan rekor Rooney dalam waktu dekat.

Pendapat sang legenda mungkin bisa dibenarkan mengingat tidak ada pemain aktif selain Rooney dalam daftar 10 besar pencetak gol terbanyak Man United sejauh ini.

Belum lagi potensi Rooney untuk menambah gol. Dia masih menyisakan kontrak hingga 30 Juni 2019.

"Rooney telah menjadi sosok untuk dikalahkan, tetapi saya melihat tidak ada pemain yang bisa melakukannya untuk kurun sangat lama," kata Charlton.

Selain Charlton, Ferguson juga melayangkan apresiasi buat bekas anak asuhnya tersebut.

"Adalah sebuah prestasi ketika mencetak begitu banyak gol dan mematahkan rekor yang bertahan lebih dari 40 tahun. Rooney sangat pantas menempatkan dirinya di buku sejarah klub," ucap Ferguson.

Ferguson bisa disebut sosok paling berjasa dalam pemecahan rekor Rooney. Total 197 dari 250 golnya tercipta pada era kepelatihan Ferguson.

Pria asal Skotlandia itu turut menjadi saksi bagaimana Rooney mencetak trigol dalam laga debutnya di Liga Champions, September 2004.

Juara Gol-gol Terbaik Pekan Ke-21 Premier League



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X