Resep Kuartet BBBC Milik Juventus - Kompas.com

Resep Kuartet BBBC Milik Juventus

Kompas.com - 22/01/2017, 07:25 WIB
MARCO BERTORELLO/AFP Leonardo Bonucci (kiri), Gianluigi Buffon (tengah), dan Giorgio Chiellini merayakan kemenangan atas AS Roma pada partai Serie A di Juventus Stadium, 5 Oktober 2014.

TURIN, KOMPAS.com - Giorgio Chiellini membeberkan resep yang membuat pertahanan Juventus terlihat begitu kokoh.

Tim berjulukan I Bianconeri kembali mengandalkan formasi 3-5-2 pada musim 2016-2017. Skema tersebut diterapkan Massimiliano Allegri dalam 16 dari 20 partai liga.

Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Chiellini menjadi langganan starter dalam formasi tersebut. Ketiganya kerap disebut trio BBC.

"Dengan Gianluigi Buffon, kami menjadi BBBC," tutur Bonucci.

Performa keempatnya tergolong impresif. Juventus cuma mengalami 16 kemasukan atau menjadi catatan paling sedikit di liga musim ini.

Menurut Chiellini, kesolidan lini belakang Juventus tidak cuma dilatarbelakangi oleh kualitas individu, tetapi juga kedekatan personal.

Keempatnya sudah bekerja sama di Juventus sejak musim 2011-2012. Dengan kata lain, mereka tengah menjalani tahun kelima bekerja sama di Juventus.

"Mungkin, kami memiliki kelemahan. Namun, ketika memedulikan seseorang, Anda bakal mengabaikan cela dan cuma melihat kualitas," tutur Chiellini

"Dari situ, kami saling meningkatkan kualitas satu sama lain, meskipun tidak ada bek terbaik dunia di antara kami," kata dia.

Dalam lima tahun kuartet BBC menggalang pertahanan, Juventus meraup berbagai gelar, termasuk lima scudetti.

Kalau kembali meraih titel liga pada musim ini, Juventus menjadi tim pertama yang meraih enam scudetti secara beruntun.

Juara Gol-gol Terbaik Pekan Ke-21 Premier League


EditorAloysius Gonsaga AE

Komentar

Close Ads X