Van Gaal di Mata Enrique - Kompas.com

Van Gaal di Mata Enrique

Kompas.com - 19/01/2017, 10:36 WIB
JOSEP LAGO/AFP Pelatih Barcelona, Luis Enrique, menjalani sesi konferensi pers di Barcelona, usai menerima penghargaan Pelatih Terbaik Dunia 2015, pada 12 Januari 2016.

KOMPAS.com - Luis Enrique mengulas sosok Louis van Gaal yang sempat menjadi pelatihnya di Barcelona. Van Gaal dianggap sebagai pelatih dengan pendirian kuat.

Keduanya memang sempat bekerja sama di Barcelona selama empat musim. Van Gaal menjabat sebagai pelatih dan Enrique menjadi pemain.

Di bawah Van Gaal, peran Enrique tergolong vital dengan catatan 101 laga dalam empat musim. Dia turut mencetak 48 gol plus satu assist.

Atas dasar itu, Enrique pun menganggap Van Gaal sebagai sosok berjasa dalam kariernya.

"Van Gaal berperan penting tidak cuma dalam hal sepak bola, tetapi juga personal," tutur Enrique.

"Dia merupakan salah satu pelatih terbaik yang pernah bekerja dengan saya dan memiliki karakter kuat. Dari dia, saya belajar banyak," ucap dia.

Hanya, diakui pula oleh Enrique, Van Gaal selalu menerapkan aturan ketat di setiap tim yang dilatihnya.

Salah satu contohnya adalah Rivaldo, yang hengkang dari Barcelona pada 2002. Pemilik nama terakhir dianggap memiliki komitmen rendah terhadap tim.

"Ada aturan tertentu yang bakal terus dipertahankan Van Gaal, tidak peduli interpretasi pemain. Namun, di balik keseriusannya, dia juga sangat sensitif," kata Enrique.

Van Gaal sendiri memutuskan untuk mengambil masa sabatikal. Setelah itu, dia kemungkinan besar pensiun.

Juara Barcelona 5-0 Las Palmas: Rekor Messi


EditorAnju Christian


Close Ads X