Siapa Pelatih yang Paling Berpengaruh bagi Messi?

Kompas.com - 18/01/2017, 19:30 WIB
Dok. Barcelona Josep "Pep" Guardiola (kiri) dan Lionel Messi sewaktu berkolaborasi bersama di Barcelona.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

Sumber Guardian


BARCELONA, KOMPAS.com -  Bintang Barcelona, Lionel Messi, memberikan dukungan kepada mantan mentornya, Josep "Pep" Guardiola, yang saat ini membesut Manchester City. Messi yakin Guardiola akan sukses bersama Man City.

Pep sedang mendapatkan sorotan seusai The Citizens takluk 0-4 dari Everton di Stadion Goodison Park pada Minggu (15/1/2017).

Empat gol tim tuan rumah dikreasi Romelu Lukaku (34'), Kevin Mirallas (47'), Tom Davies (79'), dan Ademola Lookman (90'). Inilah kekalahan paling telak Guardiola di liga sepanjang kariernya sebagai pelatih.

Hasil tersebut membuat City melorot ke peringkat kelima dengan merangkum 42 poin dari 21 pertandingan. The Citizens pun tertinggal 10 angka dari Chelsea sebagai pemuncak klasemen sementara.

Lebarnya selisih antara City dan Chelsea membuat Pep seolah mengibarkan bendera putih dalam perburaan gelar Premier League. Pelatih asal Spanyol tersebut telah meminta anak asuhnya untuk melupakan papan klasemen.

Terkait catatan Pep pada musim pertamanya bersama City, Messi menilai Premier League memang liga kompetisi yang sangat sulit.

Namun, bintang asal Argentina tersebut mengaku yakin Pep bisa menghadirkan prestasi bagi City seperti yang pernah ditorehkan pelatih asal Spanyol tersebut di Barcelona dan Bayern Muenchen.

"Tentu saja Pep adalah pelatih tersukses. Dia akan menyesuaikan diri denga liga tetapi saya yakin dia akan meraih kesuksesan," kata Messi dalam wawancaranya dengan Coach Magazine.

Messi merupakan salah satu andalan Pep saat melatih Barca pada 2008 hingga 2012. Kolaborasi keduanya menghasilkan 14 gelar seperti La Liga, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Namun bagi Messi, Pep bukanlah pelatih yang berpengaruh bagi kariernya. Messi lebih mengidolakan Frank Rikjaard. Pelatih asal Belanda tersebut adalah sosok yang memberikan kesempatan bagi Messi untuk melakoni debutya bersama tim utama pada 16 Oktober 2004.

"Saya banyak belajar dari semua pelatih tetapi saya selalu mengingat pelatih yang pernah memberikan kesempatan pertama. Dia adalah Rijkaard," tuturnya. 

"Rijkaard menunjukkan kepercayaan pada saya untuk berlatih dengan tim utama dan lalu laga pertama. Dia memulai segalanya untuk saya," ujar Messi.   

Selain bicara soal pelatih idolanya, Messi juga telah menegaskan bertahan di Barcelona. Penyerang berusia 29 tahun tersebut tak memiliki rencana melanjutkan kariernya ke Premier League sebagaimana yang dispekulasikan sejumlah media-media Inggris. 

Juara Barcelona 5-0 Las Palmas: Rekor Messi

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X