Daftar Pencetak Gol ke Gawang 30 Klub La Liga

Kompas.com - 18/01/2017, 06:02 WIB
Megabintang FC Barcelona, Lionel Messi, merayakan golnya ke gawang Espanyol dalam lanjutan La Liga, di Stadion Camp Nou, Minggu (18/12/2016) waktu setempat. JOSEP LAGO/AFPMegabintang FC Barcelona, Lionel Messi, merayakan golnya ke gawang Espanyol dalam lanjutan La Liga, di Stadion Camp Nou, Minggu (18/12/2016) waktu setempat.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

BARCELONA, KOMPAS.com - Bintang Barcelona, Lionel Messi, mencetak satu gol saat El Barca menang 5-0 atas Las Palmas di Camp Nou, Sabtu (14/1/2017).

Bagi Messi, Las Palmas adalah klub La Liga ke-35 yang telah dibobolnya. Hal itu terhitung sejak penyerang asal Argentina tersebut bermain di kasta tertinggi Liga Spanyol pada 2004.

Jumlah klub yang menjadi korban Messi sama dengan torehan legenda Real Madrid, Raul Gonzales. Mantan penyerang tim nasional Spanyol tersebut sudah mencetak gol ke gawang 35 tim di Divisi Primera La Liga.

Selain Messi dan Raul, ada tiga pemain yang pernah membobol lebih dari 30 klub La Liga.

Pertama adalah legenda Espanyol, Raul Tamudo, yang pernah "menodai" 33 tim. Dia mencatat torehan tersebut selama berkarier 17 musim di kompetisi tertinggi Spanyol.

Dia lebih banyak memperkuat Espanyol selama 14 musim, sementara sisanya berseragam Real Sociedad dan Rayo Vallecano.  Dari 33 tim yang dibobol, Tamudo pernah mencetak gol ke gawang Real Madrid dan Barcelona di La Liga.

Selama berkarier di Spanyol, Tamudo mencatat 407 penampilan dengan torehan 140 gol di semua kompetisi. Torehan gol tersebut menempatkan Tamudo sebagai pencetak gol terbanyak Espanyol sepanjang masa.

Tamudo bukan pemain pertama yang membobol gawang 33 tim. Hugo Sanchez terlebih dahulu mencatat rekor tersebut.

Pemain asal Meksiko tersebut pernah bermain sejumlah La Liga seperti Atletico Madrid dan Real Madrid. Dia juga pernah memperkuat Rayo Vallecano dalam pengujung kariernya.

Namun, dia melambungkan namanya saat bermain untuk Madrid pada 1985 hingga 1992.

Bersama Madrid, Sanchez mencetak 234 gol dari 154 penampilan dan menjadikan namanya berada di urutan keenam pencetak gol terbanyak Madrid sepanjang sejarah.

Lebih luas lagi, dia mengoleksi 234 gol yang membuat namanya menjadi pencetak gol terbanyak keempat di kompetisi teratas Spanyal sepanjang sejarah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X