Kompas.com - 18/01/2017, 05:43 WIB
Okto Maniani dan Asri Akbar,dua muka baru di PBFC. Kontributor Samarinda, Gusti Nara Okto Maniani dan Asri Akbar,dua muka baru di PBFC.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

SAMARINDA, KOMPAS.com - Pusamania Borneo FC (PBFC) menggelar latihan perdana jelang musim kompetisi 2017 di Stadion Segiri, Selasa (17/1/2017) malam. Namun, latihan mereka belum didampingi pelatih Dragan Djukanovic. 

Sebagian besar skuad PBFC masih dihuni muka lama yang sebelumnya turut bermain di TSC 2016, di antaranya Lerby Eliandry, Ponaryo Astaman, dan Leonard Tupamahu.

Sejumlah wajah baru juga hadir pada latihan perdana, salah satunya Okto Maniani.Okto yang sebelumnya membela Arema Cronus kini resmi memperkuat Pesut Etam - julukan PBFC.

Selain Okto, pemain baru PBFC adalah Asri Akbar dari Mitra Kukar dan Febri Septiadi Hamzah yang kembali ke Samarinda setelah sempat memperkuat Arema. Patrich Wanggai juga telah direkrut namun belum hadir pada latihan perdana.

Untuk memenuhi rencana regulasi PSSI soal pemain muda, PBFC juga sudah mempromosikan delapan nama yang sebelumnya menghuni skuad PBFC U-21.

Untuk pemain asing, tim kebanggan Kota Samarinda ini sudah merekrut pemain Brasil, Helder Lobato Riberia, dari klub di Liga Yordania. Helder dibeli dari Al-Ahdiat dengan mahar 40 ribu US dolar atau sekitar Rp 500 juta.

Saat ini, PBFC masih menyeleksi satu pemain asing Asia lagi. Dikatakan Manajer Farid Abu Bakar, juara divisi utama 2014 ini sangat serius mengisi skuadnya karena menargetkan berada di papan atas kompetisi nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apalagi, ini adalah kesempatan perdana PBFC tampil di kasta tertinggi Liga Indonesia. Pada 2015, sebenarnya mereka juga sudah tampil tetapi kompetisi dihentikan karena pembekuan PSSI. 

“Bisa dikatakan ini perdana bagi kami secara resmi tampil di kasta tertinggi. Kami ingin target baik, lima besar buat musim ini,” ujar dia.

Menurut Farid, untuk mencapai target tersebut, pihaknya perlu merekrut pemain-pemain terbaik.

Pantauan di lapangan, latihan ini dipimpin oleh kapten Ponaryo Astaman. Pelatih kepala Djukanovic masih belum hadir di Samarinda. Meski berstatus pemain, Ponaryo sudah memegang lisensi B kepelatihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.