Kompas.com - 17/01/2017, 17:51 WIB
Eks pemain tim nasional Argentina dan Napoli, Diego Maradona, menghadiri sesi konferensi pers di Naples, Italia, Minggu (15/1/2017). ALESSANDRO GAROFALO/AFPEks pemain tim nasional Argentina dan Napoli, Diego Maradona, menghadiri sesi konferensi pers di Naples, Italia, Minggu (15/1/2017).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

NAPLES, KOMPAS.com - Legenda Argentina, Diego Maradona, segera ditunjuk menjadi duta Napoli. Dia juga akan mendapatkan status warga kehormatan Kota Naples.

Rencana itu disampaikan langsung oleh Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, pada Senin (16/1/2017) waktu setempat.

"Kami sudah berbicara panjang di Roma pada Sabtu kemarin," ujar De Laurentiis seperti dilansir Football Italia.


"Begitu menuntaskan masalahnya soal pajak, Maradona akan menjadi duta Napoli untuk seluruh dunia," kata sang presiden menambahkan.

Maradona pun telah menyatakan hubungan emosionalnya dengan Napoli. Bagi pria yang menjuarai Piala Dunia 1986 bersama Argentina itu, Napoli lebih dari sekadar klub.

"Di sini (Napoli), saya merasa seperti di rumah. Saya tak pernah mengkhianati kalian," tutur Maradona dalam sesi tanya jawab di Naples.

"Saat berada di Barcelona, salah satu klub terbesar di dunia, saya ditawari pembaruan kontrak lima tahun dengan gaji lebih besar. Namun, saya memilih Napoli. Ketimbang uang, saya lebih suka mengejar sepak bola," ucapnya.

Maradona memperkuat Napoli pada rentang waktu 1984-1991. Saat dia diperkenalkan untuk kali pertama, sekitar 75.000 pendukung Napoli memenuhi Stadion San Paolo.

Prestasi Maradona di Napoli memang tergolong fenomenal. Ia sukses mempersembahkan scudetto perdana untuk klub tersebut pada 1987.


Kemudian, masih bersama Maradona, Napoli kembali meraih scudetto pada 1990. Mereka juga sempat mejuarai Coppa Italia 1986-1987, Piala UEFA 1988-1989, dan Piala Super Italia pada 1990.

Football Italia menyebutkan bahwa Wali Kota Naples bakal melantik Maradona sebagai warga kehormatan pada Mei 2017.

Kabarnya, acara pelantikan itu akan digelar di Stadion San Paolo, kandang Napoli, atau tempat publik lainnya di kota Naples.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X