Prasangka Toure Tak Senegatif Guardiola

Kompas.com - 17/01/2017, 16:56 WIB
OLI SCARFF/AFP Gelandang Manchester City, Yaya Toure, bermain dalam laga Premier League kontra Arsenal di Stadion Etihad, 18 Desember 2016.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

MANCHESTER, KOMPAS.com - Gelandang Manchester City, Yaya Toure, menyatakan timnya belum menyerah dalam perburuan gelar Premier League musim 2016-2017. Pernyataan Toure ini bertolak belakang dari pendapat manajer Josep Guardiola seusai The Citizens takluk 0-4 dari Everton di Stadion Goodison Park pada Minggu (15/1/2017).

Empat gol tim tuan rumah dikreasi Romelu Lukaku (34'), Kevin Mirallas (47'), Tom Davies (79'), dan Ademola Lookman (90'). Inilah kekalahan paling telak Guardiola di liga sepanjang kariernya sebagai pelatih. 

Hasil tersebut membuat City melorot ke peringkat kelima dengan merangkum 42 poin dari 21 pertandingan. The Citizens pun tertinggal 10 angka dari Chelsea sebagai pemuncak klasemen sementara.

Pep Guardiola pun mengibarkan bendera putih lantaran jarak yang terlalu besar dengan Chelsea.

"Jarak dengan peringkat kedua adalah tiga poin. Jadi kita lihat saja. Saya telah berbicara dengan pemain pada tiga pekan lalu untuk melupakan papan klasemen, fokus pada pertandingan selanjutnya, dan tunjukkan yang terbaik," kata Pep.

"Setelah itu, pada akhir musim, kami akan menganalisis bagimana posisi tim (di klasemen), penampilan, serta (performa) pelatih dan pemain. Setelah itu, kami akan memutuskan," tutur Pep lagi.

Meski Pep telah menyerah, Toure mengaku masih optimistis terhadap peluang timnya. Menurut Toure, segalanya masih mungkin terjadi di Premier League.

"Di sepak bola, Anda harus positif. Saya adalah pribadi positif. Saya tahu hasil (buruk) tersebut terkadang sulit tetapi Anda harus menerimaya dan terus bekerja keras," tutur Toure.

"Kami masih memiliki peluang. Kami hanya perlu memenangi beberapa pertandingan dan semuanya akan kembali lagi," ujar gelandang asal Pantai Gading itu menambahkan.

City memang dituntut untuk segera melupakan kekalahan pahit di Goodison Park. Sergio Aguero dan kawan-kawan harus kembali mempersiapkan diri sebaik mungkin karena akan melawan Tottenham Hotspur pada Sabtu (21/1/2017).

Spurs sedang dalam penampilan terbaik setelah mengoleksi dua kemenangan beruntun, yaitu atas Chelsea (2-0) dan West Bromwich Albion (4-0).

"Sabtu nanti kami melakoni laga penting. Kami harus terus maju. Ini masa sulit tetapi kami harus bekerja keras dan berusaha bangkit," ujarnya.

Juara Sevilla 2-1 Real Madrid: Terhenti di Angka 40

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X