Courtois: Chelsea Tetap Berkualitas meski Tanpa Costa

Kompas.com - 16/01/2017, 13:08 WIB
Penjaga gawang Chelsea, Thibaut Courtois, menyatakan gelar Piala FA dan Liga Champions menjadi harapan tersisa timnya musim ini. IAN KINGTON/AFPPenjaga gawang Chelsea, Thibaut Courtois, menyatakan gelar Piala FA dan Liga Champions menjadi harapan tersisa timnya musim ini.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

LONDON, KOMPAS.com - Kiper Chelsea, Thibaut Courtois, meyakini kemenangan timnya atas Leicester City pada Sabtu (14/1/2017) merupakan sebuah pesan kepada klub pesaing bahwa Chelsea bisa menang meski tak diperkuat Diego Costa.

Pada laga yang dimenangi Chelsea dengan skor telak 3-0 itu, Costa tak bermain dan terdepak dari skuad karena dikabarkan bertengkar dengan Manajer Antonio Conte.

Pertengkaran bermula dari klaim Costa yang mengaku mengalami cedera punggung. Sementara itu, tim medis tidak membenarkan klaim Costa tersebut dan Conte lebih memercayai pendapat stafnya.

Selain itu, penyerang asal Spanyol tersebut dikabarkan sedang gundah menyusul tawaran gaji 30 juta poundsterling per tahun dari salah satu klub China.

Terkait situasi yang tengah dihadapi Chelsea dan Costa, sang penjaga gawang, Courtois, mengatakan bahwa permainan timnya tidak bergantung kepada salah satu pemain saja.

Menurut dia, hal ini terbukti dengan kemenangan yang diraih The Blues atas Leicester City.

"Tentu saja kami memiliki cukup kualitas untuk (bermain tanpa) Costa," kata kiper asal Belgia ini seperti dikutip dari FourFourTwo.com, Selasa (15/1/2017). 

"Costa sangat penting bagi kami. Namun, jika dia tidak ada bersama klub, kami tahu bahwa klub ini bisa mengatasinya juga," ujarnya.

Eks kiper Atletico Madrid ini mengatakan, kemenangan Chelsea atas The Foxes, julukan Leicester City, merupakan pesan kepada klub-klub rival lainnya.

"Apakah ini pesan kepada saingan kami? Ya, melihat Chelsea menang 3-0 dan kalah atas Spurs (0-2) tidak memengaruhi kami. Kami bisa bermain tanpa Diego jika perlu," ucapnya.

"Saya pikir semua klub pesaing berharap kami kehilangan poin, tetapi kami tak mengalaminya. Jadi, itu sangat baik," tuturnya.

Sepanjang musim 2016-2017, Costa memang memberikan pengaruh yang signifikan bagi Chelsea. Dia telah mencetak 14 gol dan hanya dua kali absen membela Chelsea.

Dari 21 kali pertandingan The Blues, Costa absen saat Chelsea bertemu Bournemouth pada Senin (26/12/2016) karena akumulasi kartu dan saat kontra Leicester City, Sabtu (14/1/2017), karena tidak masuk dalam skuad.

Namun, dalam dua laga saat Costa absen itu, Chelsea tetap bisa menang, bahkan dengan skor telak, yakni masing-masing menang 3-0.

Melihat catatan dua musim sebelumnya, pada Premier League musim 2015-2016, Costa mencetak total 12 gol dan absen membela Chelsea sebanyak 10 kali. Chelsea mengakhiri musim dengan buruk, yakni finis pada peringkat ke-10.

Sementara itu, pada musim 2014-2015, Costa berhasil mencetak 20 gol dan absen membela Chelsea sebanyak 12 kali. Pada musim tersebut, striker kelahiran Brasil ini membawa Chelsea meraih gelar juara Premier League.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X