12 Bintang yang Berpeluang Hijrah ke China

Kompas.com - 13/01/2017, 17:39 WIB
Fabregas memberikan tepuk tangan kepada para suporter usai laga Premier League kontra Tottenham Hotspur di White Hart Lane, 29 November 2015. BEN STANSALL/AFPFabregas memberikan tepuk tangan kepada para suporter usai laga Premier League kontra Tottenham Hotspur di White Hart Lane, 29 November 2015.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Beberapa pekan terakhir, China membuat sensasi karena keberhasilan klub-klub negara Tirai Bambu merekrut sejumlah pemain bintang dari Eropa.

Sebanyak 16 tim China tercatat sudah mengeluarkan dana sebesar 258,4 juta euro (sekitar Rp 3,9 triliun) untuk pembelian pemain.

Jumlah tersebut mencakup uang pembelian Oscar sebesar 60 juta euro dari Chelsea. Dia menjadi pemain termahal sepanjang sejarah sepak bola China.

Manuver klub-klub tersebut tidak terlepas dari ambisi Presiden China Xi Jinping agar negaranya menjadi kekuatan besar dalam sepak bola internasional. Dia ingin China memiliki pemain top hingga akhirnya mampu menjuarai Piala Dunia.

"Harapan terbesar saya untuk sepak bola adalah tim berada di antara yang terbaik," kata Xi pada 2015.

Untuk mencapai misi tersebut, Xi berjanji membersihkan dan berusaha menciptakan sepak bola profesional. Dia juga berencana membangun puluhan ribu lapangan sepak bola dan menambah program sepak bola di puluhan ribu sekolah.

Karena itu, kemungkinan besar klub-klub China akan terus bekerja keras untuk "membajak" pemain bintang dari daratan Eropa. Berikut 12 pemain bintang yang kemungkinan bakal hijrah ke China:

1. Yaya Toure (Manchester City)

Kontrak berakhir: Juni 2017

Nilai pasar: 10,2 juta poundsterling

Peluang pindah ke China: 4/5

2. Wayne Rooney (Manchester United)

Kontrak berakhir: Juni 2019

Nilai pasar: 25,5 juta juta poundsterling

Peluang pindah ke China: 3/5

3. Robin van Persie (Fenerbahce)

Kontrak berakhir: Juni 2018

Nilai pasar: 7,65 juta poundsterling

Peluang pindah ke China: 3/5

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Squawka
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X