Kontrak Baru untuk Pemain Berusia 50 Tahun

Kompas.com - 12/01/2017, 07:03 WIB
Striker Yokohama FC, Kazuyoshi Miura. Dok. GuardianStriker Yokohama FC, Kazuyoshi Miura.
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Kazuyoshi Miura akan menjadi pesepak bola aktif tertua pada Liga Jepang musim 2017. Bulan depan, Miura akan genap berusia 50 tahun.

Miura saat ini memperkuat klub kasta kedua Liga Jepang, Yokohama FC. Pemain kelahiran 26 Februari 1967 itu bahkan baru saja memperbarui kontraknya untuk satu musim pada Rabu (11/1/2017).

"Saya berharap masih akan bisa berjuang bersama klub, rekan-rekan, dan suporter yang selalu mendukung," kata Miura seperti dilansir dari ESPN FC.

Yokohama FC merupakan klub yang dibela Miura sejak 2006. Sebelum itu, pemain berjulukan King Kazu itu pernah beberapa kali berganti klub.

Dia memulai karier profesional bersama klub Brasil, Santos, pada 1986. Setelah itu, Miura pernah membela Palmeiras, Coritiba, Genoa, dan Dinamo Zagreb.

Di Genoa, Miura menjadi pemain Jepang pertama yang merasakan atmosfer sepak bola Italia. Pada 1999, dia lantas kembali ke Jepang membela Kyoto Purple Sanga.

Sepanjang membela tim nasional Jepang antara 1990 dan 2000, Miura membukukan 55 gol dari 89 pertandingan. Namun, dia tak masuk tim negaranya di Piala Dunia 1998 maupun 2002.

Musim lalu, Miura tampil 20 kali bersama Yokohama FC dan mencetak dua gol. Klub tersebut finis di peringkat ke-8 J2 League sehingga gagal meraih tiket play-off promosi.

Namun, rekor pribadi dibuat Miura. Pada Juni 2016, dalam usia 49 tahun 3 bulan 24 hari, dia menjadi pesepak bola tertua di dunia yang bisa mencetak gol. 

Sepanjang sejarah sepak bola dunia, Miura bukanlah satu-satunya pemain dengan usia kepala lima yang bermain. Legenda Inggris, Stanley Matthews, juga bermain hingga usia 50 tahun dan pensiun di Stoke City pada 1965.

Bek legendaris Inggris, Stuart Pearce, bahkan tahun lalu bermain dalam usia 53 tahun. Pada 12 Maret 2016, 13 tahun setelah gantung sepatu, dia turun membela klub amatir Longford.

Adapun untuk kiper tertua yang pernah tampil dalam sejarah sepak bola Inggris adalah Dave Beasant. Pada 2013, dia tampil membela North Greenford United dalam usia 53 tahun.

Pada 11 Oktober 2014, Beasant nyaris mempertajam rekornya bersama Stevenage. Merangkap jabatan asisten pelatih dalam usia 55 tahun, dia menjadi kiper cadangan pada laga kontra Carlisle United.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X