Kompas.com - 10/01/2017, 11:38 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

ZURICH, KOMPAS.com - Atletico Nacional mendapat penghargaan FIFA Fair Play pada The Best FIFA Football Awards 2016 Gala di Zurich, Senin (9/1/2017) malam. Hal itu tak lepas dari sikap Atletico pada final Copa Sudamericana 2016.

Klub asal Kolombia itu sedianya harus bertanding pada dua laga final melawan Chapecoense. Namun, Chapecoense mengalami kecelakaan pesawat terbang dalam perjalanan ke Kolombia dan kehilangan sebagian besar pemainnya, akhir November 2016.

Mengingat kondisi lawan, Atletico lantas meminta kepada Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) untuk memberi gelar kepada Chapecoense. Klub asal Brasil itu pun didaulat menjadi juara Copa Sudamericana 2016.

Sikap Atletico itu mendapat pujian dari sejumlah kalangan, termasuk ketika dianugerahi "Conmebol Centenario Fair Play". Puncaknya, FIFA memberi penghargaan kepada klub yang dibentuk pada 1947 itu.

"Kesedihan juga dirasakan kami atas musibah tersebut. Karena itulah, dewan direksi, pemilik, dan organisasi klub ini memutuskan untuk memberi gelar kepada Chapecoense," kata chairman klub, Juan Carlos de la Cuesta, dilansir dari situs resmi FIFA.

"Kami ingin memberi mereka secercah harapan dalam situasi tragedi seperti itu. Seluruh masyarakat Kolombia ikut merasakan kesedihan seperti halnya rakyat Brasil," tuturnya lagi.

Menurut De La Cuesta, pihaknya masih memiliki hubungan baik dengan manajemen Chapecoense. Bersama juara Copa Libertadores, dua klub itu akan mengadakan turnamen khusus untuk solidaritas dan persaudaraan di sepak bola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.