Kompas.com - 28/12/2016, 23:37 WIB
Pelatih Malaga, Juande Ramos, tampak tegang saat timnya bertanding melawan Sevilla di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sabtu (17/12/2016). CRISTINA QUICLER/AFPPelatih Malaga, Juande Ramos, tampak tegang saat timnya bertanding melawan Sevilla di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sabtu (17/12/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

MALAGA, KOMPAS.com - Juande Ramos resmi mengundurkan diri dari kursi pelatih Malaga, Rabu (28/12/2016). Putusan mantan pelatih Tottenham Hotspur itu tak lepas dari performa buruk Malaga.

Malaga baru saja disisihkan dari ajang Copa del Rey oleh klub kasta kedua, Cordoba, pada 20 Desember lalu. Selain itu, Malaga juga tak pernah menang dalam lima laga terakhir.

Seusai Malaga kalah dari Cordoba, sejumlah suporter melakukan protes. Mereka meminta Ramos dicopot dari jabatan pelatih.

Tanggapan suporter itu direspons pihak Ramos dan juga manajemen. Melalui situs resminya, pelatih berusia 62 tahun itu pun memilih mundur.

"Dalam sepak bola, perubahan selalu terjadi. Dalam situasi tak menguntungkan ini, manajer sering dianggap sebagai pihak yang paling disalahkan," kata Ramos.

"Dalam kasus ini, saya memutuskan untuk mundur dari situasi tak nyaman dan merugikan ini," ucap pelatih yang sempat membesut Malaga pada musim 2003-2004 ini.

Periode kedua Ramos sebagai pelatih Malaga dimulai pada 27 Mei 2016 lalu. Dari 18 pertandingan yang sudah dilakoni, Ramos hanya mempersembahkan lima kemenangan dan enam hasil imbang, sisanya berakhir dengan kekalahan.

Asisten pelatih Marcelo Romero untuk sementara akan bertanggung jawab membesut tim hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Tanda-tanda pemberhentian Ramos sebenarnya sudah tercium sejak 23 Desember lalu. Ketika itu, Abdullah Al Thani selaku pemilik Malaga berkicau di Twitter.

Dalam kicauannya, Al Thani mengucapkan terima kasih atas kinerja Ramos dan berharap sang pelatih sukses atas putusan yang dibuatnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X