Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kali Main untuk Inggris, Zaha Pilih Bela Pantai Gading

Kompas.com - 28/12/2016, 23:20 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Wilfried Zaha tercatat sebagai bagian dari tim nasional Pantai Gading untuk Piala Afrika 2017. Mantan pemain timnas Inggris itu telah terdaftar di skuad sementara The Elephants - julukan Pantai Gading.

Pemain Crystal Palace itu memang pernah bermain untuk timnas senior Inggris sebanyak dua kali. Namun, hal itu dilakukan Zaha dalam pertandingan persahabatan.

Berdasar aturan FIFA, Zaha masih punya hak untuk membela tanah kelahirannya, Pantai Gading. Apalagi, Asosiasi Sepak Bola Pantai Gading (FIF) telah meminta secara resmi kepada FA untuk "mengambil" Zaha.

"Pemain Inggris berdarah Pantai Gading, Wilfried Zaha, telah memilih untuk bergabung dengan The Elephants dan berbendera Pantai Gading," tulis pernyataan resmi Pantai Gading pada 27 November lalu, seperti dilansir dari Sky Sports.

Dilansir dari BBC pada Rabu (28/12/2016), Zaha resmi terdaftar sebagai bagian dari tim awal Pantai Gading untuk Piala Afrika.

Gelandang serang berusia 24 tahun itu akan bergabung bersama sejumlah pemain Premier League lain seperti Eric Bailly (Manchester United), Lamine Kone (Sunderland), Max Gradel (Bournemouth), dan Wilfried Bony (Stoke City).

Para pemain itu dipastikan takkan bisa memperkuat timnya masing-masing pada Januari-Februari mendatang. Setidaknya, Zaha dkk akan absen selama enam pekan.

Juara bertahan Piala Afrika itu akan memulai pemusatan latihan pada 2 Januari mendatang di Abu Dhabi. Piala Afrika 2017 akan dilangsungkan di Gabon mulai 14 Januari.

Pantai Gading berada satu grup dengan Togo, Rep. Demokratik Kongo, dan Maroko. The Elephants akan memulai kompetisi dengan menghadapi Togo pada 16 Januari.

 

Juara Watford 1-1 Crystal Palace: Benteke Gagal, Watford Teruskan Tren Negatif
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com