Performa Heroik dari 3 Pemain Timnas Indonesia

Kompas.com - 18/12/2016, 08:35 WIB
Kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga, menggagalkan penalti kapten Thailand, Teerasil Dangda, pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016). Twitter @affsuzukicupKiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga, menggagalkan penalti kapten Thailand, Teerasil Dangda, pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Kegagalan timnas Indonesia mencetak gol berbanding lurus dengan pupusnya harapan merengkuh Piala AFF 2016. Meski begitu, tiga pemain skuad Garuda patut mendapat perhatian lebih pada laga final kedua.

Indonesia gagal menjuarai Piala AFF untuk kali pertama setelah dikandaskan Thailand dengan skor 0-2 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016). Hasil tersebut menjadikan Tim Merah Putih kalah agregat 2-3.

Sebelumnya, pada leg pertama, Indonesia sebetulnya sukses mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016).

Tidak bisa dimungkiri bahwa kualitas Thailand memang setingkat di atas tim-tim Asia Tenggara lain.

Tak heran, perlawanan dari Boaz Solossa dan kolega sejak fase grup terasa membanggakan.


Sedikit membahas performa timnas pada final leg kedua, penampilan heroik Kurnia Meiga menjadi pemain yang patut dikedepankan.

Bagaimana tidak, pengawal mistar Arema Cronus menepis penalti top scorer turnamen, Teerasil Dangda, pada menit ke-80.

Penyelamatan yang sebetulnya menjadi momentum Indonesia untuk mencetak angka. Sayang, para pemain non-kiper seperti takut untuk menyerang.

Selain itu, pengambilan keputusan Meiga sepanjang laga terhitung sempurna. Dua kali kiper berusia 26 tahun itu menepis peluang emas Dangda.

Di tengah pro-kontra yang menggelayuti pemilihan Meiga sebagai kiper utama timnas Indonesia pada awal turnamen, dia sukses membuktikan bahwa pilihan pelatih Alfred Riedl tidak salah.

Performa Hansamu Yama juga boleh diacungi jempol. Pemain Barito Putera itu menjadi pemain dengan jumlah operan sukses terbanyak di timnas Indonesia.


Penampilan Hansamu di benteng pertahanan Indonesia terbilang lugas. Sembilan percobaan tackle-nya berhasil menemui sasaran.

Persentase duel udara Hansamu pun mengilap dengan mencapai angka sempurna, 100 persen. Tiga kali dia memenangkan duel udara dengan pemain lawan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X