Riedl Belum Lepas dari Kutukan "Runner-up"

Kompas.com - 17/12/2016, 22:07 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl pada semi final putaran pertama AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGPelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl pada semi final putaran pertama AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1.
|
EditorAloysius Gonsaga AE


BANGKOK, KOMPAS.com - Kegagalan pelatih Alfred Riedl mempersembahkan trofi Piala AFF 2016 memperpanjang catatan minornya dalam turnamen 2 tahunan ini.

Indonesia gagal menjadi juara setelah Boaz Solossa dan kawan-kawan takluk 0-2 dari Thailand pada pertandingan kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016). Dua gol tim Gajah Perang diciptakan Siroch Chattong (37', 47'). 

"Saya ingin tetap di tim. Namun, saya tidak tahu apa langkah PSSI. Belum ada yang mengabari atau berdiskusi dengan saya," ujarnya kepada para wartawan di ruang konpers Stadion Rajamangala.

Bagi Riedl, kekalahan ini menjadi kegagalan ketiga pada final Piala AFF.

Kegagalan pertama dirasakan Riedl pada Piala AFF 1998. Saat itu, Riedl yang menangani Vietnam harus kalah 0-1 dari Singapura pada partai puncak.

Riedl kemudian kembali mencicipi final pada Piala AFF 2010. Dalam tugas pertamanya bersama Indonesia, dia berhasil membawa skuad Garuda ke partai puncak.

Namun, Riedl untuk kali kedua gagal memboyong Piala AFF setelah Indonesia kalah 2-4 dari Malaysia pada partai final.

Selain di Piala AFF, Riedl juga seakan tidak lepas dari kutukan runner-up dalam berbagai ajang lain terutama saat melatih Vietnam.

Saat menangani Vietnam U-23, Riedl mencicip 2 runner-up Asian Games pada 2003 dan 2005.

Bersama timnas senior, dia lagi-lagi gagal di final Asian Games (1999) dan King's Cup (2006).

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X