Kompas.com - 17/12/2016, 21:08 WIB
Para pemain Timnas Indonesia, antara lain Stefano Lilipaly (nomor 8), Zulham Zamrun (no 10), merayakan kemenangan usai mengalahkan Thailand di laga final Piala APP 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand. AP PHOTO / ACHMAD IBRAHIMPara pemain Timnas Indonesia, antara lain Stefano Lilipaly (nomor 8), Zulham Zamrun (no 10), merayakan kemenangan usai mengalahkan Thailand di laga final Piala APP 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand.
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Tim nasional Indonesia memang gagal menjadi juara Piala AFF 2016. Namun, apresiasi positif ditunjukkan masyarakat Indonesia atas perjuangan timnas.

Indonesia gagal menjadi juara setelah kalah agregat 2-3 dari Thailand pada final Piala AFF 2016. Sempat unggul 2-1 pada final pertama, Indonesia kalah 0-2 dari Thailand pada final kedua di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016).

Kendati demikian, sejumlah netizen menunjukkan apresiasi positif atas perjuangan Boaz Solossa dkk. Dari linimasa di Twitter, sejumlah netizen menghaturkan ucapan terima kasih atas perjuangan timnas Indonesia.

Perjuangan timnas memang pantas diacungi jempol. Berbagai masalah dihadapi dalam persiapan membentuk timnas untuk Piala AFF 2016.

Masalah pertama terkait dari sanksi FIFA sehingga tak ada kompetisi resmi sebagai wadah pencarian bakat timnas. Setelah setahun dibekukan, sanksi itu baru dicabut pada Mei 2016.

Masalah kedua muncul terkait pemilihan pemain. Lantaran kompetisi nonresmi masih bergulir, pelatih Alfred Riedl hanya diizinkan menarik dua pemain dari tiap klub peserta TSC 2016.

Kendati demikian, dengan segala keterbatasan itu, timnas bisa tampil melebihi ekspektasi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Rasa pesmimistis muncul setelah timnas sempat kalah dari Thailand pada laga pembuka fase grup. Setelah itu, timnas juga sempat ditahan imbang oleh Filipina.

Eksektasi meninggi setelah timnas menang atas Singapura pada laga pamungkas dan lolos ke semifinal. Euforia suporter Indonesia pun meninggi dengan menyaksikan dan memberi dukungan langsung ke stadion.

Pada laga final, Thailand membuktikan diri sebagai tim yang lebih baik. Meski sempat kalah 1-2 di Bogor, Thailand bangkit dan menang 2-0 untuk meraih gelar kelima Piala AFF. 

Indonesia memang harus menunggu untuk melihat timnas menjadi juara. Namun, Boaz Solossa dkk sudah mempersatukan segala perbedaan di Tanah Air ketika bertanding di Piala AFF kali ini. 

Terima kasih, timnas Indonesia... 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.