Kompas.com - 16/12/2016, 19:05 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

Laporan Anju Christian dari Bangkok, Thailand

BANGKOK, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Alfred Riedl, menyatakan bahwa cedera Andik Vermansah menjadi pukulan buat timnya.

Andik mengalami sobek di otot ligamen saat Indonesia menang 2-1 atas Thailand pada partai final pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Dia harus beristirahat antara tiga hingga enam pekan.

Artinya, pemilik nomor kostum 21 itu harus absen saat Indonesia melakoni partai final kedua di Stadion Rajamangala, Sabtu (19/12/2016).

Buat Riedl, cedera Andik menyulitkan skema permainan timnya. Terlebih lagi, jauh sebelum itu, timnas juga kehilangan Irfan Bachdim.

"Cederanya Irfan, lalu Andik, terasa menyakitkan buat kami. Namun, pemain lain akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan kelasnya," tutur Riedl dalam jumpa pers di Hotel Emerald, Bangkok, Jumat (18/12/2016).

Seiring absennya Andik, Bayu Gatra bisa saja tampil untuk kali pertama pada Piala AFF 2016. Keduanya memang berperan sebagai sayap kanan.

Opsi lainnya, Zulham Zamrun digeser ke kanan seperti ketika masuk menggantikan Andik pada partai pertama. Pilihan mana yang diambil oleh Riedl?

"Saya akan memberitahukan kepada pemain terpilih terlebih dahulu sebelum menginformasikan kepada jurnalis," ucap Riedl.

Andik sendiri tetap dibawa ke Bangkok demi memberikan dorongan moral kepada pemain. Namun, belum bisa dipastikan apakah dia akan menduduki bangku cadangan atau tidak saat pertandingan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.