Kompas.com - 16/12/2016, 17:22 WIB
Pesepak bola Indonesia Andik Vermansah terjatuh pada semi final putaran pertama AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGPesepak bola Indonesia Andik Vermansah terjatuh pada semi final putaran pertama AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

Laporan langsung Anju Christian dari Bangkok, Thailand

BANGKOK, KOMPAS.com - Andik Vermansah ternyata sempat berniat meninggalkan tim nasional (timnas) akibat cedera yang dideritanya. Namun, sang pemain mengurungkan niatnya karena bujukan dari dokter Syarif Alwi.

Cedera menerpa Andik saat Indonesia menang 2-1 atas Thailand pada pertandingan final pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016).

Hasil pemindaian menunjukkan ada sobekan di otot lutut Andik. Dia membutukan antara tiga hingga tiga pekan untuk pemulihan.

Lantaran merasa terpukul, Andik berniat meninggalkan tim. Padahal, dia tetap dilibatkan di dalam tim untuk partai kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (19/12/2016).

"Saya pun melarang dia. Sebab, cedera adalah risiko bertanding dan bisa dialami semua pemain," tutur Syarif di Hotel Grand FourWings, Bangkok, Jumat (16/12/2016).

"Lagi pula, kehadiran Andik tetap dibutuhkan. Dia bisa membantu pemain lain melalui doa atau mendukung secara moral saat sesi latihan dan pertandingan. Setelah berbicara dengan saya, dia memutuskan untuk tinggal," kata Syarif.

Dokter Syarif bukanlah satu-satunya sosok yang memberikan dorongan kepada Andik setelah cedera yang dideritanya. Ada pula Stefano Lilipaly.

Melalui akun Instagram miliknya, Lilipaly menuliskan, "Semoga cepat sembuh, kawanku. Semoga rasa sakit dan cederamu terbayarkan dengan memenangi piala ini. Tetap semangat Andik."

Untuk memberikan kado berupa piala kepada Andik, Indonesia harus menaham imbang Thailand pada pertandingan kedua di Bangkok.

Kompas TV Riedl Optimis Boaz dkk. Beri Kejutan di Laga Tandang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.