Kompas.com - 14/12/2016, 11:23 WIB
Sayap kiri Indonesia, Rizky Pora, menghindari terjangan pemain Thailand pada partai pertama Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, Sabtu (19/11/2016). KUKUH WAHYUDI/BOLA/JUARASayap kiri Indonesia, Rizky Pora, menghindari terjangan pemain Thailand pada partai pertama Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, Sabtu (19/11/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Piala AFF 2016 menjadi panggung unjuk kebolehan bagi Rizky Pora. Determinasi pemain sayap milik Barito Putera itu tampak jelas setiap kali merumput bareng tim nasional Indonesia sejak fase grup hingga semifinal.

Rizky selalu turun sebagai starter dalam lima pertandingan Piala AFF 2016. Tak sekadar bermain, dia juga berkontribusi terhadap tiga dari 10 proses gol Indonesia, yakni saat meladeni Thailand, Singapura (fase grup), dan Vietnam (semifinal).

Senjata andalan Rizky adalah kecepatan dalam menyisir sisi lapangan serta akurasi operan (termasuk umpan silang) yang mencapai 70 persen. Pemain asal Ternate, Maluku Utara, ini pun tergolong mahir dalam mengolah situasi bola mati.

Ambil contoh saat menghadapi Vietnam pada semifinal pertama, 3 Desember silam. Gol pembuka Indonesia yang disarangkan Hansamu Yama berawal dari sepak pojok brilian Rizky, melengkung dan penuh tenaga menyerupai eksekutor kaki kiri jempolan sekaliber Alvaro Recoba atau Ryan Giggs.

Performa prima Rizky membuat ia disebut-sebut bisa menentukan hasil akhir bersama Boaz Solossa dan Stefano Lilipaly selaku tumpuan gol Indonesia di Piala AFF. Hal ini diakui oleh eks penggawa timnas, Arif Suyono.

"Rizki Pora memang sangat berbakat. Dia punya kecepatan, tenaga, dan kemampuan olah bola yang bagus. Semoga tanggal 14 nanti dia tampil maksimal sehingga Indonesia bisa mengalahkan Thailand," ujar Arif, yang pernah membantu timnas menekuk Thailand 2-1 pada Piala AFF 2010. (Indra Citra Sena/Suci Rahayu)

Statistik Rizki Pora di Piala AFF 2016:

  • Assist: 3
  • Dribble (sukses): 14 (7)
  • Tembakan (ke gawang): 3 (2)
  • Umpan silang (sukses): 24 (7)
  • Operan (sukses): 166 (116)
  • Akurasi operan: 70 persen
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.