Kompas.com - 14/12/2016, 11:00 WIB
Pemain Thailand, Teerasil Dangda, mendapatkan penjagaan dari pemain Indonesia, Fachruddin, dalam laga Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Stadium, Bocaue, Sabtu (19/11/2016). Dok. AFF Suzuki Cup 2016Pemain Thailand, Teerasil Dangda, mendapatkan penjagaan dari pemain Indonesia, Fachruddin, dalam laga Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Stadium, Bocaue, Sabtu (19/11/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Tim nasional Thailand merupakan tim yang paling banyak mencetak gol sepanjang Piala AFF 2016. Namun, timnas Indonesia punya peluang untuk kembali mencetak gol ke gawang pasukan Kiatisuk Senamuang itu.

Memasuki partai puncak Piala AFF 2016, Thailand hadir bagaikan monster. Dari lima partai yang telah dilakoni, tim besutan Kiatisuk Senamuang itu selalu memenangi laga.

Negeri Gajah Putih pun tampil dengan daya gedor luar biasa. Mereka telah membukukan 12 gol.

Sisi kiri Thailand, yang dikawal Chanatip Songkrasin, memiliki peran penting dalam proses terjadinya gol-gol itu. Sudah ada lima gol yang bermula dari sisi tersebut.

Tak hanya sisi kiri Thailand yang harus mendapat perhatian lebih, keagresifan mereka di babak kedua juga patut menjadi fokus. Dari 12 gol, mereka mencetak delapan gol di paruh kedua. Bila dikerucutkan lagi, lima gol dibuat dalam 15 menit terakhir.

Sementara itu, untuk urusan pertahanan, Thailand lagi-lagi unggul dari siapa pun. Mereka hanya kemasukan dua gol, yang seluruhnya dibuat oleh Indonesia pada laga perdana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila ingin mencetak gol lagi, tampaknya Alfred Riedl jangan ragu untuk menginstruksikan anak didiknya agar mengandalkan bola-bola lambung.

Faktanya, dua gol yang masuk ke gawang Kawin Thamsatchanan hadir lewat proses umpan lambung yang dikonversi menjadi gol dengan sundulan.

Tim Merah-Putih sangat piawai memainkan bola seperti itu. Buktinya enam gol yang tercipta berasal dari bola lambung. (Kukuh Wahyudi)

Berikut adalah statistik Thailand di Piala AFF 2016:

Proses awal mula serangan:
Kanan: 2
Tengah: 5
Kiri: 5

Skema penciptaan gol:
Umpan daerah: 3
Umpan tarik: 3
Umpan lambung: 2 (sundulan)
Aksi individu: 1
Penalti: 1
Kemelut: 2

Skema kemasukan:
Diserang dari sisi kanan: 1
Diserang dari sisi Kiri: 1
Umpan Lambung: 2

 

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.